Pilgub Jabar: Persaingan Popularitas Ketat, Ridwan Kamil Tertinggi

Ridwan Kamil Disukai Pengguna Facebook Dibandingkan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi

Foto: Ilustrasi

Pemilihan Gubernur Jawa Barat diperkirakan akan berlangsung sengit. Saat ini sudah tiga nama yang digadang-gadang akan menjadi bakal calon Gubernur pada Pilkada serentak 2018. Nama Dedy Mizwar dipastikan akan maju setelah mengantong dukungan tambahan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Seperti diketahui, Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menambatkan pilihannya pada figur Deddy Mizwar untuk diusung sebagai bakal calon Gubernur Jabar 2018. Menurut PAN, pengusungan terhadap Wakil Gubernur Jabar tersebut berdasarkan aspirasi masyarakat.

Sebelumnya, PAN memang sempat mendorong kadernya sendiri seperti Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR Dessy Ratnasari untuk ikut konstelasi politik di Jabar. Namun setelah melalui berbagai dinamika, PAN justru mengusung Demiz, sapaan akrab Deddy Mizwar.

Sementara Walikota Bandung, Ridwan Kamil dipastikan telah mengantongi dukungan dari tiga partai politik untuk pencalonan pilgub Jabar. Ridwan Kamil telah mendapatkan dukungan dari Partai NasDem (5 kursi) , PKB (9 kursi) serta PPP (7 kursi)

“Alhamdulillah saya genap, calon pertama yang punya kursi cukup, 21 kursi,” ungkapnya di Gedung Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai) Jabar, Jalan Diponegoro, Rabu 25 Oktober 2017.

Sementara Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi hingga saat ini belum mendapatkan dukungan dari partai Golkar. Santer beredar kabar bahwa Dedi Mulyadi akan mendapatkan dukungan dari PDI-P.

PDI Perjuangan sendiri saat ini masih menggodok nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Namun, PDIP mengakui kedekatannya dengan salah satu bakal calon yang juga Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi.

“Sebenarnya hubungan pak Dedi dengan PDIP dan bu Megawati sangat baik. Karena kami pernah mengadakan perayaan ulang tahun partai di Purwakarta,” ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Hotel Horison Bandung, Rabu (25/10/2017).

Berdasarkan survei pada yang dilakukan evello di media dan media sosial (twitter, facebook, youtube dan G+) pada periode 1-26 Oktober, persaingan antara ketiga kandidat berlangsung sangat sengit.

Peneliti senior evello, Azis Subekti menyebutkan bahwa dari hasil pantauan berdasarkan popularitas masih belum terlihat siapa yang kemungkinan besar akan dipilih oleh warga Jawa Barat.

“Ketiganya masih sangat mungkin leading dengan waktu yang tersisa jika mampu mengembangkan program dan konten yang menarik melalui kampanye digital’ terang Azis Subekti.

Meskipun demikian, Azis menyebutkan nama Ridwan Kamil masih memimpin dalam hal popularitas dibandingkan dengan kandidat lainnya. Share Index Ridwan Kamil mencapai 40,4% pada periode pemantauan sepanjang 1-26 Oktober 2017.

Share Index Popularitas Gubernur Jawa Barat Periode 1 - 26 Oktober 2017

Share Index Popularitas Gubernur Jawa Barat Periode 1 – 26 Oktober 2017

“Meskipun demikian, Deddy Mizwar sepanjang bulan oktober 2017 tampil lebih baik dalam hal kampanye digital dibandingkan pada bulan September 2017. Posisi Deddy Mizwar menggeser Dedi Mulyadi pada bulan September 2017 ke posisi kedua” imbuh Azis.

Popularitas Kandidat Pilgub Jabar Periode 1 - 30 September 2017

Popularitas Kandidat Pilgub Jabar Periode 1 – 30 September 2017

Berdasarkan data pantauan Evello, Ridwan Kamil selalu unggul dalam hal popularitas, walaupun dalam periode Oktober 2017 mengalami penurunan.

Azis juga menyebutkan Deddy Mizwar adalah calon yang share index popularitasnya naik paling pesar dibandingkan ketiga kandidat. Sementara Dedi Mulyadi turun tipis jika dibandingkan data pada september dan oktober 2017.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend