Ramai Cuit Netizen Dunia Bahas Serangan Siber Ransomware

Ramai Cuit Netizen Dunia Bahas Serangan Siber Ransomware

Mantan kontraktor NSA Edward Snowden menyalahkan agensi kriptografi pemerintah Amerika Serikat (AS) National Security Agency (NSA) atas serangan siber global pada Jumat (12/5). Snowden meyakini serangan siber global itu bermula dari bocornya alat peretas milik NSA secara daring bulan lalu.

Snowden dan beberapa ahli keamanan siber lainnya menduga serangan siber itu terjadi karena bocornya alat peretas yang diyakini milik NSA secara daring pada bulan lalu. Serangan siber tersebut juga dianggap mencerminkan pendekatan yang salah oleh AS yang mendedikasikan lebih banyak sumber daya siber untuk melalukan pelanggaran dibandingkan pertahanan.

“Meskipun ada peringatan, (NSA) membangun alat serangan berbahaya yang dapat mengincar perangkat lunak Barat. Hari ini kita melihat harganya,” kata Snowden seperti dilaporkan laman The Telegraph, Sabtu (13/5).

Serangan ransomware secara massal ini membuat dunia dalam kondisi panik. Pantauan redaksi eveline dengan menggunakan perangkat evello intelligent tagging system menemukan jumlah kicauan dengan kata kunci ransomware mencapai 299.321 tweet.

Jumlah kicauan tersebut terpantau pada Sabtu 13 Mei 2017 pukul 00:00 hingga 23:53 WIB. Puncak perbincangan netizen dunia terjadi pada 03:00 dinihari waktu Indonesia bagian barat.

Cuit Netizen Dunia Tentang Ransomware

Sementara itu, seorang direktur riset dan analis Kapersky Lab menyebutkan bahwa serangan virus ini telah menyebar ke 74 negara dengan 45 ribu serangan. Costin Raiu menyebutkan bahwa jumlah serangan terus meningkat.

Seperti diketahui, para peretas, yang belum teridentifikasi, ini kemungkinan membuat malware yang dapat menyebar sendiri dengan memanfaatkan kode NSA. Kode itu dikenal dengan nama “Eternal Blue” yang dirilis bulan lalu oleh sebuah kelompok bernama Shadow Brokers.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend