Rencana Pemberian Soekarno Award Kepada Kim Jong Un Ramai Dibicarakan Netizen

Presiden Korea Utara Kim Jong Un yang terkenal sebagai pemimpin yang kejam, dan tidak akan segan-segan membunuh siapapun yang menentang kebijakannya, bahkan termasuk keluarganya sendiri. Menurut laporan KCNA, Kim setidaknya telah membunuh lebih dari 70 pejabat Negara. Ia pernah membunuh pamannya sendiri Jang Song-Thaek dengan cara yang  sadis, yaitu  ditelanjangi, lalu ditendang ke dalam sebuah kandang yang berisi sekitar 120 anjing buas kelaparan yang belum makan selama 3 hari.

Anehnya, Rachmawati Soekarnoputri selaku Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno berencana memberikan penghargaan Soekarno Award kepada pemimpin  kontroversial itu. Ide memberikan penghargaan Soekarno Award disampaikan kepada publik pada Kamis (30/7), setelah bertemu dengan Duta Besar Korea Utara, Ri Jong Ryul di rumahnya untuk berpamitan. Karena masa tugasnya sebagai Dubes di Indonesia segera berakhir.

Pantauan redaksi Eveline terhadap rencana pemberian Soekarno Award kepada Kim Jong Un lewat Yayasan Pendidikan Soekarno ramai dibicarakan di media sosial, khususnya twitter. Pemantauan yang dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System periode 30 Juli 2015 menemukan perbincangan di lini masa twitter tentang rencana ini sebanyak 3.009 tweet.

Menurut Rachmawati Soekarno Putri selaku ketua Yayasan Pendidikan Soekarno, pemberian Soekarno Award kepada Kim Jong Un dikarenakan orang nomor satu korea itu gigih melawan imperialisme. Sejalan dengan pemikiran Soekarno yang anti Neo Kolonialisme Imperialisme. Sebanyak 1.197 tweet menyebut hal ini.

Kim Jong Un telah terbukti secara konsisten tetap melaksanakan jalan pemikir pemimpin besar mereka, yaitu Kim Il Sung (pendiri Korut). Konsistensi Jong Un mengikuti jejak kakeknya ini, menuai perbincangan di lini masa twitter sebanyak 574 tweet. Kim II Sung juga pernah menerima penghargaan serupa pada tahun 2001 lalu, karena dianggap sebagai tokoh perdamaian dan kemerdekaan.

Rachmawati juga memberikan apresiasi tinggi kepada Korut karena tidak pernah berhenti melawan imperialisme. Selain itu ia juga didaulat untuk menjadi tamu kehormatan panitia persiapan reunifikasi Korea untuk Asia Pasifik. Sementara itu, sebanyak 277 tweet menyebut kalau penyerahan Soekarno Award kepada Kim Jong Un akan diberikan oleh Rachmawati Soekarnoputri selaku Ketua Yayasan Pendidikan Soekarno.

***

One thought on “Rencana Pemberian Soekarno Award Kepada Kim Jong Un Ramai Dibicarakan Netizen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend