Ridwan Kamil Disukai Pengguna Facebook Dibandingkan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi

Ridwan Kamil Disukai Pengguna Facebook Dibandingkan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi

Foto: Istimewa

Geliat pemilihan gubernur Jawa Barat 2018 mulai terlihat di media sosial. Saat ini terdapat tiga (3) nama yang digadang-gadang akan maju menjadi kandidat Gubernur Jawa Barat. Selain wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, nama lain yang cukup kuat mencuat adalah Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Peneliti senior Evello, Azis Subekti menyebutkan pertarungan ketiga kandidat tersebut sampai saat ini paling meramaikan jagad media sosial. “Pantauan selama 30 hari terakhir menunjukkan bahwa perebutan pengaruh terhadap pilgub Jawa Barat masih didominasi oleh ketiganya” ujar Azis.

Dilansir dari data Evello selama 30 hari terakhir di media sosial Facebook, terlihat Ridwan Kamil terlihat paling populer dan bisa diterima dibandingkan dengan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi.

“Walikota Bandung, Ridwan Kamil terlihat paling ramai menuai reaksi suka dari pengguna Facebook dibandingkan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi” terang Azis. Menurutnya Ridwan Kamil menuai 55,6% lebih banyak reaksi suka netizen dibandingkan Deddy Mizwar sebanyak 34,2% dan Dedi Mulyadi 10,2%.

Facebook Likes Kandidat Pilgub Jabar Periode 18/8 - 16/9

Facebook Likes Kandidat Pilgub Jabar Periode 18/8 – 16/9

Ridwan Kamil juga paling banyak menerima emoji reaksi pengguna Facebook selain emoji suka. Pada pemantauan yang sama, share index emoji reaksi pengguna Facebook untuk Ridwan Kamil mencapai 53,8% dibandingkan Deddy Mizwar sebesar 35,8% dan 10,4% untuk Dedi Mulyadi.

Emoji Reaksi Pengguna Facebook

Emoji Reaksi Pengguna Facebook Periode 18/8 – 16/9

Azis juga menyebutkan dengan waktu yang tersisa, terbuka peluang bagi kandidat lainnya memperbaiki cara berkomunikasi bagi Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi untuk meraih simpati publik Jawa Barat.

“Berkampanye di Media Sosial bukan sekedar mengunggah foto dan berita, tetapi harus lebih kreatif membangun komunikasi dan konten” ujarnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend