Ridwan Kamil: Gerindra Benar, Tidak Ada Mahar Sepeser Pun

Lewat Twitter, Ridwan Kamil Sebut Tak Jadi Jurkam Pasangan Calon Manapun

Foto: Ilustrasi

Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur, La Nyalla Mattalitti, geram karena tak diberi rekomendasi oleh Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto untuk maju ke Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Apalagi La Nyalla merasa dipalak dimintai uang lebih dahulu sebesar Rp40 miliar.

Dia pun mengancam akan menuntut Prabowo secara hukum. “Saya akan tuntut secara hukum,” kata La Nyalla dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

La Nyalla menceritakan, diberi surat tugas oleh Prabowo pada tanggal 9 Desember 2017 untuk mengumpulkan dukungan partai terkait pencalonan dirinya sebagai bakal calon gubernur. Selain itu, dia juga diminta Prabowo untuk menyiapkan uang saksi untuk seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Timur sebesar Rp40 miliar.

“Saya dimintai uang Rp40 miliar, uang saksi disuruh serahkan sebelum tanggal 20 Desember. Kalau tidak bisa saya tidak akan direkomendasikan,” kata mantan Ketua Umum PSSI tersebut.

Menanggapi tudingan tersebut, Partai Gerindra menyebutkan kalau La Nyalla bukanlah kader yang baik. Keputusan untuk tidak mencalonkan dan mengusung La Nyalla dalam pilgub Jawa Timur 2018 dinilai sebagai langkah yang tepat.

“Jika pihak La Nyalla melakukan upaya mencemarkan nama baik dari Partai yang dia mintai dukungan, berarti Partai Gerindra sudah mengambil keputusan yang tepat, karena niat La Nyalla hanya untuk menjatuhkan. Terimaksih. ” kicau akun @Gerindra.

Partai Gerindra juga mempersilahkan menanyakan hal tersebut kepada calon lainnya yang pernah maju bersama Gerindra. Bahkan, Gerindra menyebutkan nama-nama seperti Jokowi, Ridwan Kamil, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Menanggapi kicauan tersebut, calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil angkat suara. Ia membenarkan tidak ada mahar sepeser pun yang harus dibayarkan kepada Gerindra. Ia beralasan perpisahan dengan Gerindra bukan soal mahar, melainkan berhubungan dengan syarat menjadi kader.

Kicauan pria berkacamata yang kerap dipanggil Kang Emil ini ramai mendapat tanggapan netizen. Akun @NawawiMm salut atas kejujuran Kang Emil.

“Sikap yg keren pak. Ada suatu yg diajarkan bahwa kejujuran patut diungkapkan, entah akan seperti apa ke depannya, karena bangsa kita sebenarnya lack of honest dan lack of openess. Semoga jd sesuatu yg positif ke depannya.” 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend