Riset Facebook: Emoji Likes Jokowi Mencapai 4 Juta

Riset Facebook: Emoji Likes Jokowi Mencapai 4 Juta

Foto: fajar / fbcampaign

Presiden Joko Widodo bisa dikatakan adalah tokoh paling populer di Facebook. Hal ini terungkap berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Evello selama periode Juli hingga Desember 2017.

Penelitian evello dilakukan berdasarkan 7.801 unggahan tentang Presiden Joko Widodo di berbagai kanal facebook Fan Page. Berdasarkan jumlah emoji yang dapat direkam oleh Evello, Joko Widodo bisa dikatakan sebagai tokoh politik dengan jumlah interaksi sangat tinggi berdasarkan sejumlah isu yang ada.

Jumlah emoji likes pada periode pemantauan mencapai jumlah 4.341.049 likes, sementara jumlah emoji reactions mencapai 4.701.128.

Tingginya jumlah emoji Presiden Joko Widodo menunjukkan bahwa sejumlah isu yang dilempar ke masyarakat mendapat tanggapan luas. Selain jumlah likes dan reactions, unggahan tentang Presiden Jokowi juga mengundang komentar sebanyak 346.025.

Sementara jumlah Shares Presiden Jokowi terhadap 7.802 unggahan di Fanpage mencapai 144.285 kali. Berdasarkan data tersebut, peneliti senior Evello, Azis Subekti menyebutkan bahwa sebagai Presiden RI, Jokowi memiliki semua sumber daya yang ada agar selalu menjadi top of mind masyarakat.

Hal berbeda justru dihadapi siapapun yang akan menjadi penantang Jokowi pada 2019 mendatang. Menurutnya, hasil penelitian tersebut bisa dipakai sebagai pembanding apa saja target metrik yang harus dicapai agar bisa menyaingi Presiden Jokowi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend