SBY Bertemu Jokowi, Suasana Linimasa “Adem Ayem”

SBY Peringati Pemerintah Agar Tak Dikontrol oleh Cina, Netizen Sepakat

Foto: Istimewa

Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017), sekira pukul 12.45 WIB.

“‎Saya senang sekali beliau (Presiden Jokowi) bisa mendengarkan dan saya bisa menjelaskan, dan juga mendengar penjelasan dari beliau ini sehingga menjadi awal yang baik,” kata SBY di Istana.

Susilo Bambang Yudhoyono mendoakan Presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menyelesaikan masa kepemimpinannya hingga 2019. SBY menyebut, ujian yang datang pada seorang presiden adalah hal lumrah.

“Harapan saya semakin sukses, kalau pemerintah sukses rakyat juga senang,” kata SBY usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/3).

Pertemuan antara Presiden dan Mantan Presiden RI ini ternyata berdampak langsung pada kicauan netizen di linimasa twitter. Pantauan redaksi melalui jejaring percakapan pada linimasa twitter memperlihatkan tidak ada pembentukan kelompok perbincangan secara ekstrim.

Peneliti dan analis evello, Rahmad Hidayat membenarkan akan hal tersebut. “Tidak ada pembentukan cluster yang signifikan terhadap pertemuan Presiden Jokowi dan SBY siang tadi (9/3) di Istana Negara” ujar Rahmad. Menurutnya ini bukti bahwa pertemuan keduanya sekaligus menurunkan tensi politik yang memang sedang meningkat.

Jejaring Percakapan Pertemuan Jokowi-SBY

Berdasarkan analisa terhadap jejaring percakapan yang ada, terdapat sedikit kelompok kicauan yang cukup ramai karena berkaitan dengan pilkada DKI. “Walaupun demikian, perbincangan tersebut jauh lebih kecil dibanding hari-hari biasanya yang lebih ramai” terang Rahmad.

“Melihat dampak bahwa pertemuan antara keduanya menurunkan tensi politik berdasarkan percapan netizen, sebaiknya tokoh-tokoh bangsa rajin bersilahturahmi menjalin komunikasi. Ini baik agar energi bangsa tidak terbuang percuma untuk hal-hal yang sia-sia” tutup Rahmad Hidayat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend