SBY: Sebagai Senior Saya Minta TNI Tetap Kompak Dengan Polri

Posting Ucapan Selamat Idul Fitri, Netizen Ramai Minta Maaf ke SBY

Foto: Ilustrasi

Presiden Jokowi meminta kepada TNI untuk memegang teguh sumpah prajurit; setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

Bukan hanya itu saja, saat bertindak, menjadi inspektur upacara dalam upacara peringatan Hari Ulang tahun TNI ke 72 tersebut, Jokowi juga meminta kepada TNI untuk selalu bertindak untuk kepentingan nasional, menjamin keutuhan wilayah nasional dan membangun persatuan dan solidaritas anak bangsa.

TNI tidak dia bolehkan terkotak- kotak untuk kepentingan politik praktis. “Karena TNI adalah milik nasional dan berada di atas semua golongan,” katanya dalam pernyataan, Kamis (5/10).

Jokowi mengatakan, saat ini sifat- sifat yang disampaikannya tersebut telah dimiliki oleh TNI. TNI masih memegang teguh sumpah prajurit, serta berdedikasi dalam menjalankan tugas mereka. Atas sifat- sifat yang sudah dimiliki TNI itulah, Jokowi yakin, ke depan TNI akan menjadi pasukan besar dan disegani oleh negara lain. Jokowi juga yakin, ke depan TNI akan menjadi kekuatan besar di kawasan Asia.

Sementara itu, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono juga meminta agar TNI tetap menjaga kekompakan dengan Kepolisian Republik Indonesia. Hal tersebut disampaikan SBY dalam kicauannya menyambut HUT TNI ke-72.

Senada dengan permintaan Presiden Joko Widodo, SBY juga berharap agar TNI tetap mematuhi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Menurutnya, kepatuhan tersebut sebagai bagian dari reformasi TNI.

Untuk diketahui, setelah amanat inspektur upacara selesai dibacakan, peringatan HUT ke-72 TNI kali ini dilanjutkan dengan sosio drama mengenai Jenderal Besar Sudirman diikuti dengan demonstrasi keterampilan prajurit TNI.

Presiden Joko Widodo yang menyaksikan di mimbar bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) Marsekal Hadi Tjahjanto tampak serius dan terpukau melihat aksi para prajurit TNI dari berbagai matra yang unjuk kebolehan.

 

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla dalam upacara peringatan tersebut di antaranya sejumlah menteri anggota Kabinet Kerja dan para duta besar dari negara sahabat. Tampak hadir pula Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan Ibu  Tuti Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-11 Boediono serta Ibu Sinta Nuriyah Wahid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend