Sebut Hak Azasi Monyet Saat Bela Densus 88, Ruhut Dikecam Keras Netizen

Hak Azasi Monyet

(Sumber foto: www.suara-islam.com/ www.suaranews.com)

Ruhut Sitompul, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat dilapokan Pemuda Muhammadiyah ke Mahkamah Kehormatann Dewan (MKD), atas sejumlah bukti dugaan pelanggaran kode etik. Ruhut dianggap mengeluarkan kata-kata yang tidak layak dalam rapat kerja antara Komisi Hukum DPR dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti pada Rabu, 20 April 2016.

“Walaupun Ruhut sebagai anggota mempunyai hak yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, tetapi mempunyai batasan-batasan tertentu, yaitu berupa kode etik,” ujar Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Dalam rapat kerja tersebut, Ruhut menganggap apa yang dilakukan Detasemen Khusus Antiteror 88 (Densus 88) dalam kasus tewasnya terduga teroris Siyono sudah manusiawi, dan tidak melanggar hak asasi manusia (HAM). “Saya kecam yang katakan Densus melanggar HAM. HAM apa? Hak asasi monyet?” ujar Ruhut saat itu.

Menurutnya, ada sejumlah aturan yang dilanggar Ruhut Sitompul, yaitu Pasal 51 ayat (1) huruf (f) UU No 8/2013, Pasal 81 huruf (a) dan (g) UU No 17/2014, Pasal 2 ayat (4) Peraturan DPR No 1/2015, Pasal 18 ayat (2) huruf (b) Peraturan DPR no 1/2015.

Dia mengingatkan, meskipun anggota DPR memiliki hak imunitas, tapi ada batasan berupa kode etik. Maka itu pihaknya meminta MKD menindak tegas Ruhut Sitompul. “Sudah selayaknya, saudara itu untuk ditindak secara tegas oleh MKD sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Sementara itu Dahnil Anzar melalui akun twitternya, juga sempat menyebutkan akan mengirimkan surat secara resmi kepada Susilo Bambang Yudhoyono. “Selain melaporkan Ruhut Sitompul ke MKD kami jg Akan mengirimkan Surat scr resmi kpd Bapak @SBYudhoyono agar memberikan sanksi kpd Ruhut”. Demikian dikicaukan akun @Dahnilanzar.

Pantauan redaksi eveline periode 29 April 2016 pada media sosial twitter, mendapati netizen perbincangkan mengenai kata-kata Ruhut Sitompul yang memelesetkan Hak Azasi Manusia menjadi Hak Azasi Monyet saat rapat kerja antara Komisi Hukum DPR dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti. Tercatat sebanyak 1.133 tweet dilontarkan netizen.

Berikut komentar netizen terkait Hak Azasi Monyet yang diucapkan Ruhut. “Pernyataan ruhut sangat tdk etis sbg anggota DPR yg menyebut HAM adalah Hak Azasi Monyet”,  tegas seorang netizen dengan akun @fathur80, nampak mengecam ucapan Ruhut.

Sedang netizen lain bahkan dengan geramnya berkomentar, @VIVAcoid …mungkin yg ngomong juga bagian/keturunan dari MONYET…makanya ada Hak Azasi Monyet…!!! Berantem yuk….”, tulis akun @aha28 ketika menyimak pemberitaan terkait ucapan Ruhut Sitompul.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*