Sentimen Negatif PKS Meningkat di Twitter Pasca Kartu Kuning BEM UI

Foto: @Evellocorp

Peneliti lembaga pemantau media dan media sosial, evello, Noviadi menyebutkan terjadi lonjakan percakapan cukup drastis terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Novi mengungkapkan percakapan di twitter terpantau terjadi pada periode 2-5 Februari 2018.

“Penyebabnya adalah tudingan netizen terhadap ketua BEM UI, Zaadit Taqwa sebagai kader PKS” ujar Noviadi.

Menurutnya, percakapan netizen pada linimasa twitter mengalahkan percakapan partai manapun pada periode pemantauan 2-5 Februari 2018.

“Bahkan pada periode tersebut, jumlah akun unik twitter yang terlibat dalam percakapan terhadap PKS mencapai 13.902 akun. Ini jumlah yang sangat besar jika dibandingkan dengan percakapan partai politik lainnya” kata Noviadi.

Menurut peneliti evello tersebut, hal tersebut membuat sentimen negatif terhadap PKS meningkat drastis. Apalagi para pendukung dan simpatisan Presiden Joko Widodo beramai-ramai menyerang Zaadit dan PKS.

Tingginya serangan terhadap Zaadit dan PKS pada akhirnya mengalahkan sentimen negatif terhadap partai politik lainnya.

“Seperti diketahui, partai lain seperti PAN juga tersandung isu korupsi. Salah satu kadernya, Gubernur Jambi, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. PAN beruntung karena merebaknya kartu kuning yang diberikan ketua BEM UI terhadap Presiden Jokowi” tutup Noviadi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat hadiah ‘kartu kuning’ dari mahasiswa saat menghadiri acara Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia (UI) dan Peresmian Forum Kebangsaan UI‎, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Kartu kuning itu dihadiahi oleh Ketua BEM UI 2018, Zaadit Taqwa. Ia merupakan mahasiswa aktif dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dalam video yang tersebar, Zaadit tampak berdiri seorang diri ketika Jokowi baru saja menyelesaikan pidatonya. Ketika Jokowi menyalami Rektor UI Muhammad Anis, Zaadit masih tampak berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend