Sidang Ahok Mulai “Sepi” Dari Perhatian Netizen

Sidang Ahok di Kementan Kembali Digelar, Netizen Kicaukan Tagar #FreeAhok

Foto: Istimewa

Sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memasuki sidang ke-17, Selasa (4/4). Agenda sidang kali ini adalah pembuktian dari jaksa penuntut umum dan penasihat hukum serta keterangan dari terdakwa. Pembuktian itu salah satunya dilakukan dengan memutar empat video.

Saat penanyangan video, terdakwa Ahok sempat keberatan dengan bukti rekaman video yang diputarkan jaksa penuntut umum. Pejawat itu keberatan  lantaran salah satu nama file video pidato sosialisasi budi daya ikan kerapu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu diberi judul “Ahok hina Alquran”. Padahal, kata Ahok, video asli yang diunggah pemerintah provinsi DKI Jakarta ke YouTube tidak ada tulisan “Ahok hina Alquran”.

Sementara itu, pantauan redaksi eveline pada sidang ke-17 menunjukkan frasa “Sidang Ahok” pada Selasa (4/4/2017) tidak ramai dikicaukan netizen. Hingga pukul 14:28 WIB, frasa “Sidang Ahok” dicuitkan netizen sebanyak 2.178 tweet.

Analis dan peneliti evello, Azis Subekti menyebutkan “tren sepi” bukan saja terjadi pada sidang kali ini, tetapi juga terjadi pada sidang-sidang sebelumnya.

“Menurut saya netizen mulai lelah dengan sidang yang berlarut-larut. Bisa jadi netizen mulai ramai kembali pada saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan tuntutannya” terang Azis.

Grafik Perbincangan Netizen Tentang Sidang Ahok

Berdasarkan grafik perbincangan di atas, terlihat bahwa pada tiga kali persidangan yang digelar, frasa Sidang Ahok tidak terlihat ramai. “Kondisi ini berbeda dengan masa-masa awal persidangan. Saat itu jumlah kicauan netizen perhari mampu melewati di atas 10 ribu tweet” ujar Azis.

Melalui pantauan terhadap percakapan netizen melalui jejaring percakapan juga tidak terlihat pembelahan kluster yang signifikan. Hanya terlihat beberapa akun yang bergerombol di samping akun-akun milik media pemberitaan.

Jejaring Percakapan Netizen Tentang Sidang Ahok Periode 4/4/2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend