Siswi SMP Tangkap 11 Tuyul, Netizen Minta Publik Jangan Mudah Percaya

Siswi SMP di Jombang Mengaku Menangkap 11 Tuyul – sumber foto: Istimewa

Seorang siswi SMP di Jombang Jawa Timur menghebohkan publik setelah mengaku berhasil menangkap 11 tuyul dan mengurungnya di toples plastik. Ineke Puspitasari atau akrab disapa Pipit yang tinggal di Dusun Joho Clumprit, Kecamatan Sumobito, Jombang ini mengaku melihat 9 tuyul di halaman rumah pamannya pada Rabu, 17 Juni 2015 sore. Putri tunggal anak pasangan Eko Hartono dan Ika Anjaswati yang mengaku memiliki indra keenam ini segera menangkan mahkluk gaib yang diakuinya berwujud mirip balita tersebut.

Selang seminggu kemudian, Pipit mengaku melihat 2 tuyul lain datang ke rumah kakeknya, tempat dia tinggal. Menurutnya, kedua tuyul ini berniat mencari teman-temannya yang ditangkap Pipit sebelumnya. Tak tinggal diam, Pipit pun menangkap keduanya dan mengurung di toples. Sehingga total tuyul yang ditangkap siswi ini berjumlah 11 tuyul.

Menurut pengakuan Pipit, upayanya menangkap tuyul bukan tanpa sebab. Dia menyebut sejak setahun belakangan warga kampungnya sering kehilangan uang. Berdasarkan penerawangannya, kehilangan itu terkait dengan keberadaan tuyul yang dipelihara salah satu warga kampung untuk kepentingan pesugihan.

Pipit menjelaskan kesebelas tuyul yang ditangkapnya berasal dari Ngawi, Tulungagung, dan Malang. Mereka berwujud layaknya anak balita, namun dengan tubuh berwarna merah, mata menyala, tanpa hidung dan telinga runcing layaknya kelelawar serta mulut vertikal. Menurut Pipit, tuyul-tuyul ini berasal dari bayi-bayi korban aborsi.

Rumah kakek nenek Pipit tinggal sekarang ramai dikunjungi warga yang penasaran dengan keberadaan kesebelas tuyul. Banyak yang ingin melihat mahkluk gaib yang suka mencuri uang tersebut. Pipit sendiri mengaku belum berniat melepaskan para tuyul yang ditangkapnya. Dia menunggu sang pemilik tuyul datang ke rumahnya dan meminta kembali mahkluk pesugihannya tersebut.

Bagaimana sebenarnya tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas pengakuan siswi SMP di Jombang yang menangkap 11 tuyul ini? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 – 26 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 7.349 tweet membicarakan tentang tuyul.

Sebanyak 1.524 tweet menyoroti kabar ditangkapnya 11 tuyul oleh seorang siswi SMP di Jombang Jawa Timur. Netizen sebagian besar menyatakan skeptis alias ragu dengan pengakuan tersebut. Lewat 1.654 tweet netizen mempertanyakan bagaimana bisa 11 tuyul tersebut ditangkap dan apa buktinya.

Sementara itu, kabar tertangkapnya tuyul membuat warga berbondong-bondong datang ke rumah sang siswi SMP di Jombang. Netizen membicarakan hal ini lewat 772 tweet. Tentang nasib tuyul yang kabarnya tidak akan dilepaskan hingga sang pemilik datang sendiri untuk mengambil dibicarakan netizen sebanyak 659 tweet.

Terkait dengan himbauan MUI setempat agar publik tidak gampang percaya dengan kabar ditangkapnya tuyul oleh siswi SMP, netizen menyatakan dukungan lewat 784 tweet. Netizen juga menegaskan bahwa masyarakat semestinya tidak menyikapi hal-hal mistis semacam ini secara berlebihan. Apalagi sampai percaya dan datang ke lokasi. Hal ini disampaikan netizen lewat 798 tweet.

***

One thought on “Siswi SMP Tangkap 11 Tuyul, Netizen Minta Publik Jangan Mudah Percaya

  1. Lamet

    baguslah..kalo perlu kau belajar lagi lebih pintar supaya bisa tangkap itu tuyul-tuyul berbentuk manusia yang curi uang rakyat alias koruptor….

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend