Netizen Pertanyakan Beredarnya Surat Pemecatan Fahri Hamzah

Setelah kasus MenpanRB dan Rachel Maryam, kembali publik dikejutkan beredarnya Surat Pemecatan Fahri Hamzah di Media Sosial. Dalam surat itu, disebutkan bahwa Majelis Tahkim menerima rekomendasi Badan Penegakan Disiplin Organisasi (BPDO) PKS terkait pemberhentian Fahri dari PKS.

Surat dengan logo PKS dan di bawah tersebut tertera Majelis Tahkim Partai Keadilan Sejahtera, tercantum putusan kalau Fahri Hamzah dipecat dari semua jenjang keanggotaan PKS. Dikutip dari vivanews, Fahri Hamzah sendiri mengatakan tidak mengetahui adanya surat rekomendasi tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman saat ini sedang berada di Dapil-nya, daerah Garut Jawa Barat. Meskipun demikian, Presiden PKS ini memberikan tanggapannya tidak mengatahui keasilan surat tersebut.

“Saya tidak tahu keaslian surat yang beredar tersebut. Jadi saya tidak bisa mengomentari surat tersebut.” kata Sohibul Iman. Presiden PKS ini membenarkan bahwa ada keputusan Mahkamah Partai terhadap Fahri Hamzah, akan tetapi publikasi tidak akan dilakukan sebelum yang bersangkutan diberitahu.

“Bahwa ada keputusan Mahkamah Partai (di PKS disebut Majelis Tahkim atau MT) terkait saudara Fahri Hamzah (FH) itu betul, tapi kami belum mempublikasi keputusan tersebut. Kami berpegang pada taat asas, sebelum dipublikasi keluar kami harus menyampaikan dulu keputusan tersebut kepada yang bersangkutan”. Terang Sohibul Iman.

Lebih lanjut, Presiden PKS ini juga membenarkan bahwa dirinya menandatangani surat keputusan (SK) DPP PKS tentang pemecatan terhadap Fahri Hamzah. Ia menyebutkan bahwa SK tersebut ditandatangani pada 1 April 2016.

“Saya selaku Presiden PKS adalah pihak yang berwenang menyampaikan keputusan MT tersebut kepada FH dalam bentuk SK DPP PKS. Saya sudah menandatangani SK DPP tersebut bertanggal 1 April 2016 dan tadi malam saya sudah meminta pihak sekretariat untuk segera mengirimkannya. Saya akan cek apakah surat tersebut sudah sampai kepada yang bersangkutan atau belum. Karena itu saya belum bisa memberitahu isi SK DPP dan Keputusan MT sebelum jelas surat itu sampai kepada yang bersangkutan.”

Hingga berita ini dimuat, nama Fahri Hamzah sontak menjadi trending topic pada linimasa twitter Indonesia. Redaksi mencatat terdapat 1.839 tweet berkicau tentang beredarnya kabar pemecatan Fahri Hamzah.

Tanggapan netizen sangat beragam terhadap beredarnya surat pemecatan terhadap Fahri Hamzah. Mengingat Fahri adalah politikus yang sangat kritis, pro dan kontra pun berkembang. Netizen pemilik akun @b4nganto menyebut hanya Fahri Hamzah yang paling waras ditubuh PKS. “orang paling waras se-pks itu ya.. cuma fahri hamzah seorang! camkan! #saveFahriHamzah“. 

Akun @andhyfathoni juga mempertanyakan sikap PKS yang memecat kadernya ini. Ia berkicau @ridlwandjogja mas, sudah dengar fahri hamzah dipecat dari keanggotaan pks atas rekomendasi BPDO ? kok berlebihan ya kl dipecat penuh”. 

Hingga berita ini dimuat, belum ada keterangan resmi dari Fahri Hamzah berkaitan dengan surat pemecatan terhadap dirinya. Pria yang aktif di media sosial ini juga belum terlihat berkicau apapun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend