Terima Din Syamsudin dengan Seragam Militer, Gaya Jokowi Ramaikan Media Sosial

Presiden Jokowi Menggunakan Seragam Militer – Sumber Foto : Istimewa

Presiden Joko Widodo terlihat berpenampilan unik saat melakukan pertemuan dengan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan petinggi lainnya di istana merdeka, Selasa (16/6/2015). Beliau mengenakan seragam militer lengkap dengan baret berwarna hijau.

Jokowi memang baru saja tiba di Jakarta setelah menghadiri acara pelatihan tempur TNI Angkatan Darat di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Karena mengejar acara yang sudah dijadwalkan yaitu bertemu dengan para tokoh Muhammadiyah, Presiden Jokowi tiba di Lanud Halim Perdana Kusuma langsung menuju Istana untuk bertemu para tamunya tersebut. Sehingga pakaian militer masih tersematkan di badan Jokowi.

Belakangan, Presiden Joko Widodo kerap memakai seragam militer. Pada pertengahan Mei lalu, Jokowi juga memakai seragam militer saat meresmikan proses peletakan batu pertama Rumah Sakit Ridwan Meuraksa Kodam Jaya, Pinang Ranti, Bambu Apus, Jakarta Timur. Dimana pada acara ini Jokowi secara khusus mengenakan atribut Kostrad. Selain itu pada April lalu, Jokowi mengenakan seragam dan baret militer saat di angkat sebagai warga kehormatan TNI.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia terhadap penampilan unik Presiden Joko Widodo? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 18 – 20 Juni 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat total 4.652 tweet membicarakan aksi Jokowi menggunakan seragam militer. Dari jumlah tersebut, sebanyak 865 tweet memperbincangkan Jokowi mengenakan baju militer saat bertemu Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin.

Sementara itu, sebanyak 283 tweet membicarakan tentang reaksi Din Syamsudin saat ditemui Presiden Jokowi dengan menggunakan seragam militer lengkap. Netizen juga meminta agar seragam militer yang dikenakan Jokowi di berikan bintang lima, karena Presiden merupakan panglima tertinggi negara dan mempunyai komando tertinggi dalam pemerintahan. Menuai pembicaraan sebanyak 827 tweet.

Ulah Presiden saat mengenakan seragam militer ini, mendapat komentar keras dari juru bicara Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsuddin. Ia menilai pilihan Presiden Jokowi mengenakan seragam militer saat menerima tamu di istana kurang patut dan memalukan. Komentar Jubir Partai Demokrat ini menuai pembicaraan di lini masa twitter sebanyak 230 tweet. Netizen Indonesia dibuat bingung dan bertanya-tanya apa maksud Presiden Jokowi mengenakan seragam militer saat bertemu Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Istana Negara. Menuai perbincangan sebanyak 609 tweet.

***

One thought on “Terima Din Syamsudin dengan Seragam Militer, Gaya Jokowi Ramaikan Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend