Terjadi Lonjakan Kicauan Netizen Jelang Aksi 313

Ketika Istana Negara Dikepung Massa Aksi Bela Islam

Foto: Istimewa

Aksi damai bela Islam pada Jumat (31/3) tetap akan digelar. Massa aksi akan melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal melewati Jalan Merdeka Timur, Kedubes Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, kemudian depan Balai Kota, Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, hingga sampai ke Istana Negara.

Sekretaris Jenderal FUI Muhammad Al-Khathtath mengatakan, dalam aksi tersebut pihaknya akan mengirimkan delegasi untuk berdialog dengan Presiden Joko Widodo.

Ia menuturkan, delegasi yang akan dikirimkan tersebut akan menyampaikan bahwa kepada Jokowi berkewajiban untuk memberhentikan terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, analis dan peneliti evello, Azis Subekti menyebutkan bahwa sehari jelang pelaksanaan aksi damai tersebut, terjadi peningkatan kicauan netizen. Pantauan hingga pukul 22:45 WIB (30/3) jumlah kicauan pada hari kamis mencapai 14.960 tweet.

Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dua hari sebelumnya. Menurutnya jumlah kicauan pada Rabu (29/3) mencapai 6.481 tweet. Sementara pada Selasa (28/3) kicauan netizen tentang aksi 313 mencapai 10.467 tweet.

“Dari grafik yang ada terlihat bahwa intensitas perbincangan netizen meningkat cukup pesat. Bahkan dalam analisa beberapa hari sebelumnya, kami sempat menyimpulkan bahwa aksi 313 ini kehilangan gairah” terang Azis.

Grafik Perbincangan Netizen Tentang Aksi 313 Periode 27-30 Maret 2017

Berdasarkan pantauan redaksi eveline, peningkatan perbincangan tersebut dipicu oleh naiknya perbincangan netizen asal DKI Jakarta dan Jawa Barat. Netizen asal kedua provinsi tersebut menguasa jumlah perbincangan tentang aksi 313 hampir 40% dibandingkan dengan netizen asal daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend