Ternyata Laporan Antasari Ke Mabes Polri Bukan Ditujukan Ke SBY

Foto: Istimewa

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan Jenderal (purn) Bambang Hendarso Danuri akan angkat bicara terkait kasus mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Bambang atau kerap disebut sebagai BHD merupakan Kapolri pada saat kasus pembunuhan yang melibatkan Antasari terjadi, yakni pada 2009.

Hal ini disampaikan oleh Tito dalam rapat dengar pendapat di Komisi III DPR, Rabu (22/2/). “Besok saya mendapat kabar kemungkinan besar Pak Mantan Kapolri, Pak Bambang Hendarso dan para penyidiknya akan membuat keterangan resmi mengenai kasus itu,”.

Bambang Hendarso menjabat sebagai Kapolri pada 2008-2010. Sementara itu, kasus Antasari terjadi pada 2009. Tito mengatakan, Bambang dan para penyidik tergerak untuk memberikan keterangan karena merasa keberatan dengan tudingan Antasari.

Bekas Ketua KPK itu menuding penyidik telah menghilangkan barang bukti dalam pengusutan kasusnya, di antaranya baju Nasrudin dan pesan singkat dari Antasari ke Nasrudin. Antasari pun telah melaporkan tudingannya itu ke Bareskrim Mabes Polri.

Keterangan dari Tito saat rapat dengan pendapat di Komisi III DPR pada Rabu (22/2) langsung disambut perbincangan luas netizen Indonesia. Hal ini menyebabkan nama Antasari Azhar pun kembali masuk dalam jajaran trending topik Indonesia.

Sebelumnya Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono membantah keras tudingan yang dilontarkan Antasari Azhar pada Selasa, 14 Februari 2017. SBY bahkan menempuh langkah hukum untuk menjawab tudingan yang dilontarkan mantan ketua KPK tersebut.

Sebelumnya, pimpinan Komisi III fraksi Demokrat Benny K Harman sempat protes kepada Tito mengenai pernyataan Antasari yang menyudutkan Ketua umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Benny lantas menuding Polri memberi ruang bagi Antasari untuk memberi pernyataan tersebut.

Hal ini dibantah oleh Tito yang menyebut, pihak terlapor dari laporan yang dilayangkan Antasari adalah penyidik Polda Metro yang menangani kasusnya dulu.

Dikutip dari laman okezone.com, rencana mantan kapolri Bambang Hendarso Danuri untuk membuat keterangan resmi kemungkinan besar batal. Bambang diketahui masih menunggu semua penyidik lengkap untuk memberikan keterangan resmi. Sementara  ada salah satu mantan penyidik sedang melaksanakan umrah di Tanah Suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend