TNI AD Kembali Juarai Lomba Menembak AASAM di Australia

TNI AD Kembali Juarai Lomba Menembak AASAM di Australia

Ajang Menembak di AASAM – Sumber Foto : Istimewa

Kontingen menembak TNI Angkatan Darat berhasil menyabet 30 medali emas dari total 50 medali yang diperebutkan dalam lomba menembak di Australia Army Skill at Arms Meeting (AASAM) yang digelar 3-19 Mei di Puckapunyal, Australia. Hasil tersebut mengukuhkan Indonesia sebagai juara umum dalam lomba yang diikuti  militer 15 negara.

Negara-negara yang ikut berpartisipasi pada lomba tembak internasional tahunan itu, antara lain Amerika Serikat, Prancis, Ka nada, Inggris Raya, Australia, Cina, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Papua Nuigini. Selain itu, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Indonesia dan kontingen ANZAC (Australia New Zealand Army Corps)

Kepala Bidang Penerangan Umum (Kabidpenum) Puspen TNI, Kolonel Czi Berlin G membeberkan, kontingen Indonesia mengungguli AD Tiongkok dengan perolehan 9 emas disusul peringkat ketiga yaitu kontingen dari Angkatan Darat Jepang yang memperoleh 4 medali emas.

Pantauan redaksi eveline pada media sosial twitter, sejumlah netizen menunjukkan rasa bangganya terhadapprestasi TNI AD. Seperti yang dikicaukan oleh @SariRamdhana, yang mengatakan “Sungguh Membanggakan, TNI Kita Juara Umum Lomba Menembak Internasional”

Kontingen TNI AD pada AASAM 2016 ini berjumlah 19 orang dipimpin oleh Mayor Inf Syafruddin, lulusan Akmil 2000, yang sehari-hari menjabat sebagai Kasiops Sops Divisi 1 Kostrad. Sedangkan sebagai Komandan AASAM 2016 adalah Letkol Angus Bell selaku Perwira Menengah dari Angkatan Darat Australia.

Yang paling membanggakan dalam perhelatan ini, TNI AD sejak tahun 2008 hingga 2016 selalu menempati peringkat teratas dan sebagai pemenang lomba dengan predikat sebagai juara umum. Ditambah lagi senapan yang digunakan untuk menembak di AASAM adalah jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad, salah satu industri strategis dalam negeri kebanggaan anak bangsa Indonesia.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend