Tolak Reklamasi Bali, Netizen Serukan #KecewaAmaSusi

Netizen Puji Bu Susi Kala Tenggelamkan Kapal FV Viking

Masyarakat Bali nampaknya serius menolak adanya reklamasi di Pulau Bali. Sebelumnya puluhan ribu orang dari Desa Adat berbagai kabupaten di Bali juga turut hadir dalam aksi Deklarasi STT (Sekaa teruna Teruni) se Desa Adat Bualu pada Minggu (10/7).

Dikutip dari CNN Indonesia ada 38 Desa Adat diseluruh Bali tergabung dalam Pasubayan Desa Adat Tolak Reklamasi Teluk Benoa. Data yang disampaikan pun, total ada 83 ribu keluarga yang tergabung didalamnya. Sehingga dapat dinyatakan ada 300 ribu jiwa yang siap puputan untuk menolak rekkamasi Teluk Benoa.

Massa meminta agar Menteri Kelautan dan Perikatan, Susi Pudjiastuti untuk tidak meneruskan perpanjangan Izin Lokasi PT Tirta Wahana Bali Internasional (TWBI)—selaku pelaksana proyek reklamasi Teluk Benoa—yang habis masa berlakunya pada 14 Juli 2016 lalu.

Masyarakat yang menolak reklamasi di Bali tidak saja bergerak melalui serangkaian aksi. Mereka juga menyerukan penolakannya di jagad media sosial. Hal ini terbukti dengan naiknya trending topic Indonesia #KecewaAmaSusi.

Pantauan redaksi eveline pada taggar tersebut, masyarakat melampiaskan kekecewaannya pada Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Melalui akun twitternya masing-masing, mereka menyatakan tidak akan pernah berhenti berjuang.

“Kami tidak akan pernah menyerah @susipudjiastuti ,kami akan jaga pesisir kami #KecewaAmaSusi” tegas akun @ngurasuta4. Pendapat serupa juga dilayangkan netizen lainnya. Adalah akun @dek_OL yang berkicau “Selama hampir 4thn kami berjuang dan berharap banyak dgn kebijakan ibu tapi kami malah dibuwat skeptis. “.

Netizen juga menyatakan kekecewaanya karena akun-akun pendukung penolakan reklamasi di Bali di blokir oleh Menteri Susi. “Selamat, akun @ForBALI13 diblokir o/ @susipudjiastuti. Jd menteri ini sdh mulai anti kritik ya? Mending ga usah pk sosmed aja #kecewaAmaSusi” cuit pemilik akun @gendovara.

Ada juga netizen yang mengaku bukan warga Bali, tetapi mendukung penolakan reklamasi Bali. “Saya memang bukan orang Bali, tapi saya sangat menolak reklamasi T. Benoa. Karena Bali bukan Dubai atau Singapura. ” cuit pemilik akun @bethodeus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend