Twitter Uji Coba Kicauan 280 Karakter, Netizen Pro Kontra

Soal Perluasan 10K Twitter, Ini Dia Peta Penolakan Netizen Dunia

Foto: Ilustrasi

Twitter yang sebelumnya membatasi pengiriman pesan hingga 140 karakter pada Selasa akan menguji kemampuannya mengirimkan cuitan maksimal 280 karakter kepada pengguna secara acak untuk hampir sebagian besar bahasa di seluruh dunia.

Perusahaan berbasis di San Francisco tersebut dikenal dengan pesan singkatnya sebanyak 140 karakter sebagai ciri khasnya. Beberapa pengguna Twitter menemukan cara untuk mengatasi keterbatasan penulisan pesan dengan mengunggah foto yang memiliki teks.

Dalam sebuah unggahan blog pada Selasa, Manajer proyek Twitter Aliza Rosen dan insinyur perangkat lunak senior Ikuhiro Ihara mengatakan bahwa penekanan pada fitur pesan singkat tidak akan pernah berubah. Namun perusahaan tersebut telah lama memikirkan tentang penggunanya agar dapat cukup mengekspresikan dirinya. Dikabarkan hal itu menjadi salah satu yang membuat popularitas layanan itu menurun.

Uji coba twitter untuk menggunakan 280 karakter ternyata mendapatkan tanggapan dari seluruh pengguna twitter di dunia. Bahkan kata kunci “twitter 280” menjadi salah satu topik yang paling ramai diperbincangkan. Netizen juga terlihat pro dan kontra terhadap uji coba tersebut.

Hal yang sama juga disampaikan oleh netizen lainnya. Bahkan netizen yang satu ini menolak fitur 280 karakter dengan berkicau untuk tidak memberitahukan Presiden Amerika Serikat, Donal Trump bahwa ia dapat berkicau sebanyak 280 karakter.

Netizen Indonesia juga terlihat memberikan tanggapannya terhadap fitur baru twitter. Seorang netizen bahkan menyebutkan perluasan karakter menjadi 280 membuatnya bisa melihat dua (2) pantun Tifatul Sembiring.

Uji coba 280 karakter akan berjalan selama beberapa minggu yang tidak ditentukan dalam semua bahasa kecuali bahasa Cina, Jepang, dan Korea, kata Twitter. Perusahaan tersebut menolak mengatakan berapa banyak orang yang akan disertakan dalam tes ini.

Batas 140 karakter berasal dari penggunaan pesan teks SMS. Pendiri Twitter, termasuk Kepala Eksekutif Jack Dorsey, menginginkan batas cuitan Twitter di bawah batas pesan singkat telepon seluler yang sebanyak 160 karakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend