Ucapan Selamat Hari Pahlawan Bertebaran di Sosial Media

Hari ini tanggal 10 November 2015 kita memperingati Hari Pahlawan. Tentunya kita masih ingat sejarah pertempuran yang terjadi tepat 70 tahun silam di Surabaya. Dan dari situlah Hari Pahlawan ditetapkan. Pada tanggal 10 November 1945 adalah sejarah Hari Pahlawan dimana para pahlawan bersusah payah dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Yang melatar belakangi 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan adalah peristiwa pertempuran hebat yang terjadi di wilayah Surabaya antara arek-arek Suroboyo dengan serdadu NICA yang diboncengi Belanda. Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Perlawanan pasukan dan milisi Indonesia kemudian berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Terlibatnya penduduk dalam pertempuran ini mengakibatkan ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut, baik meninggal maupun terluka.

Tokoh yang paling diingat dari pertempuran 10 November di Surabaya adalah Bung Tomo. Bung Tomo adalah pelopor muda yang sangat berpengaruh besar di masyarakat yang terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya.

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 10 November 2015.Terdapat 47.249 tweet perbincangan tentang Hari Pahlawan. Sedang 30.577 tweet dari netizen mengucapkan selamat Hari Pahlawan.

Tak hanya ucapan selamat, beragam komentar netizen pun ramai bertebaran di twitter terkait Hari Pahlawan ini. Komentar-komentar netizen kebanyakan berisi tentang kata-kata kepahlawanan. Komentar macam bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Sebanyak 6.030 tweet dari pengguna twitter Indonesia berisi pernyataan tersebut. Netizen juga meyampaikan ucapan terima kasih atas jasa para pahlawan. Ucapan terima kasih atas jasa para pahlawan dicuitkan netizen sebanyak 1.112 tweet. Pengguna twitter dengan akun @Arif_dayat31 pun menyatakan hal serupa. Kurang lebih demikian isi tweetnya “Terimakasih para pahlawan yang telah gugur, tanpa jasa dan pengorbanan kalian kami tidak akan bisa menikmati Indonesia”

Terima kasih para pahlawan. Tak kan terlupa jasa-jasa kalian yang telah berkorban jiwa dan raga untuk Indonesia. Selamat Hari Pahlawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend