Video Mesum Anak di Sidoarjo, Netizen Tuntut Perekam Dihukum Berat

Video mesum anak Sidoarjo – sumber foto: Istimewa

Sebuah video berisi adegan mesum yang dilakukan 2 orang anak di bawah umur tersebar luas di dunia maya beberapa waktu belakangan ini. Video berdurasi 4 menit 8 detik ini menyebar lewat pesan pendek dan jejaring sosial Facebook. Di dalam video tersebut, nampak seorang anak laki-laki berusia sekitar 5 tahun melakukan berbagai adegan seks dengan anak perempuan yang berumuran sama. Terlihat pula beberapa anak lain yang menyaksikan. Video diduga diambil di sebuah kebun di samping rumah penduduk oleh seorang pria dewasa yang terdengar mengarahkan adegan kedua bocah tersebut.

Dari hasil penelurusan pihak kepolisian, video mesum tersebut dibuat di wilayah Jawa Timur, tepatnya di kota Sidoarjo. Polisi yang mendapat laporan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan masyarakat segera melakukan penyelidikan. Hasilnya, Rabu 27 Mei 2015 kemarin, Tim cyber crime Polda Jawa Timur menangkap pemuda berinisial SR (18) yang diduga sebagai pengunggah video tersebut. SR ditangkap pada pukul 02.00 WIB tanpa perlawanan. Meski mengakui sebagai pengunggah, SR menyatakan dirinya bukanlah perekam video mesum tadi.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia terhadap tersebarnya video mesum yang dipraktekkan anak di bawah umur di Sidoarjo tersebut? Simak rangkuman redaksi Eveline berikut ini.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 26 – 28 Mei 2015. Di mana terdapat total 10.438 tweet memperbincangkan video seks anak di bawah umur. Sebanyak 2.817 tweet menyoroti upaya pihak kepolisian mengusut pelaku perekam dan pengunggah video tersebut lewat tim cyber. Netizen menyampaikan dukungan atas upaya pihak polisi tersebut.

Sementara itu, desakan KPAI agar polisi segera menyelesaikan kasus ini dengan menangkap pelaku perekaman dan pengunggahan video tidak senonoh tersebut menjadi perbincangan netizen lewat 2.098 tweet. Netizen juga mendesak pelaku perekam dan penggunggah musti dihukum berat jika tertangkap, hal ini menurut netizen untuk memberi efek jera bagi pelaku dan mereka yang ke depan berniat melakukan hal serupa.

Sedangkan kecurigaan polisi dan KPAI bahwa perekam video adalah orang dewasa mendapat sorotan netizen sebanyak 666 tweet. sementara itu, lokasi perekaman berada di Sidoarjo Jawa Timur disebut netizen sebanyak 566 tweet. Kabar terakhir pihak kepolisian Jawa Timur berhasil menangkap tersangka pengunggah video mendapat sambutan netizen lewat 155 tweet.

***

14 thoughts on “Video Mesum Anak di Sidoarjo, Netizen Tuntut Perekam Dihukum Berat

  1. madametussaud

    Peran sekolah, lingkungan dan keluarga sangat penting utk membentuk moral anak. Kl ada kejadian ini. Siapa yg patut disalahkan ya?

    Reply
  2. Rido Ridwan

    Yang jelas tidak memiliki sense moral. Yang begini banyak dikampung-kampung. Di jawa, anak2 mudah bicara asu (anjing; jawa) hal biasa dalam percakapan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend