Warga Riau Galang Dana Beli Tiket Untuk Jokowi Jadi Sorotan Netizen

Warga Riau Galang Dana Untuk Tiket Presiden Jokowi – sumber foto: Istimewa

Lelah dengan tak kunjung beresnya penanganan bencana kabut asap yang disebabkan oleh pembakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan, warga propinsi Riau, khususnya mereka yang tinggal di Pekanbaru pun mendesak Presiden Joko Widodo untuk turun tangan langsung. Mereka menginginkan Presiden Jokowi datang ke Riau untuk memimpin langsung upaya penanganan kabut asap.

Guna menguatkan desakan tersebut, sekaligus sebagai kritik terhadap lambannya langkah pemerintah, para pemuda Riau, terutama yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Riau pada Kamis 17 September 2015 lalu mengadakan pengumpulan dana untuk membelikan tiket untuk Jokowi.

Penggalangan dana tiket untuk Jokowi dilakukan di depan di bundaran Kantor Gubernur Riau  berhasil mengumpulkan dana sebesar 317 ribu rupiah yang kemudian digunakan untuk membeli tiket pesawat Lion Air kelas ekonomi untuk penerbangan Jakarta – Pekanbaru. Tiket kemudian dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo melalui layanan pos di Kantor Pos Cabang Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman.

“Aksi ini sebagai simbolisasi kritik agar Presiden segera datang ke Riau. Jangan cuma blusukan ke pasar dan bagi-bagi buku serta sepeda. Tapi, ketika rakyat Riau terkena bencana asap, Presiden Jokowi juga harus mau blusukan. Esensi Nawacita yakni pemerintahan yang hadir dalam problematika masyarakat,” kata Koordinator Divisi Politik dan Kebijakan Publik DPD KNPI Riau, Yopi Pranoto sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com

Bagaimana tanggapan pubik, khususnya netizen Indonesia atas aksi penggalangan dana pembelian tiket pesawat untuk Presiden Jokowi oleh masyarakat Riau? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 19 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 1.499 tweet yang membicarakan tentang penggalangan dana oleh masyarakat Riau yang digunakan untuk membeli tiket pesawat untuk Presiden Joko Widodo supaya datang dan memimpin langsung penanganan bencana kabut asap di Riau.

Netizen menyebut bahwa tiket yang dibeli adalah kelas ekonomi. Melalui 445 tweet, netizen menyebut pilihan kelas ekonomi ini karena kondisi masyarakat Riau yang tengah prihatin lantaran bencana kabut asap. Sementara itu, sebanyak 450 tweet menyebut bahwa tiket telah dikirimkan ke Jakarta dan mereka berharap Presiden bersedia hadir ke Riau.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend