Yusril Sebut Ahok Resmi Terpidana, Netizen: Kembalikan Penista Agama Ke LP Cipinang!

terpidana

(Sumber foto: tempo.co/ngelmu.id)

Jaksa penuntut umum kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencabut banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Sebelumnya kubu Ahok juga mencabut permohonan banding atas vonis dua tahun penjara.

Juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi mengatakan, pihaknya telah menerima berkas pencabutan banding dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara pada Selasa (6/6). “Iya betul (dicabut), tanggal 6 Juni, dari Kejaksaan Negeri Jakarta Utara,” kata Hasoloan dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (9/6).

Namun jaksa tidak menjelaskan perihal alasan pencabutan banding tersebut. “Dalam surat permintaan pencabutan, alasan tidak tertera,” kata dia.

Selanjutnya PN Jakarta Utara akan memberitahukan pencabutan banding ini kepada tim penasihat hukum Ahok. Kemudian berkas pencabutan juga akan dikirim ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta untuk disikapi lebih lanjut.

Dengan dicabutnya permohonan banding ini maka mantan Gubernur DKI Jakarta itu dinilai sudah berstatus narapidana. Menurut pakar hukum Yusril Ihza Mahendra, kasusnya juga dinyatakan berkekuatan hukum tetap atau inkrah.  “Kalau jaksa cabut artinya Ahok sudah jadi terpidana. Statusnya sudah terpidana. Sudah napi dia. Sekarang kan masih tahanan,” kata Yusril di kantornya, Selasa (23/5).

Sementara itu, Ketua Presidium Alumni 212 Ansufri Idrus Sambo juga menanggapi langkah kejaksaan mencabut banding atas vonis Ahok. “Takut nama mereka (jaksa penuntut umum) semakin hancur di mata rakyat. Masa jaksa banding atas keputusan hakim yang menetapkan lebih hukuman dari pada tuntutan jaksa. ‎Harusnya jaksa senang ini kok malah banding,” kata Sambo, Kamis (8/6/2017).

Meski begitu, Sambo mengapresiasi dan bersyukur dengan keputusan jaksa. “Syukurlah kalau jaksa sudah sadar. Kalau itu karena kesadaran, baguslah,” ujar Sambo.

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen terkait Yusril sebut Ahok resmi terpidana dan harus dipindahkan ke LP Cipinang. “Kembalikan narapidana ahok penista Agama ke LP cipinang !!”, tulis netizen dengan akun Irwan Suryadi, sampaikan tuntutan. Sedang netizen dengan akun Tjatoer Wahjoedi Tjatoer Wahjoedi ingatkan bahwa Ahok bukan mengundurkan diri seperti telah diberitakan belakangan ini, “berarti dipecat jadi gubernur bukan mengundurkan diri”.

Sebelumnya banyak netizen menduga Ahok tak berada di tahanan Mako Brimob, sebab keberadaan Ahok dinilai misterius. ” Ssssttttt, Ahok ga da di Mako apa lagi di Makau, dia lgi ada di Segitiga Bermuda krn keberadaannya hilang secara misterius entah kemana. Huwa ha ha ha…“. Dituliskan netizen bernama Ibnu Misirin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend