Zuckerberg Kecewa Satelit Internet Milik Facebook Meledak

Zuckerberg Kecewa Satelit Internet Milik Facebook Meledak

Foto: Istimewa

Sebuah ledakan besar yang terjadi di landasan peluncuran SpaceX telah membuat roket dan satelit milik Facebook hancur. Satelit tanpa awak itu bakal diluncurkan untuk menyebarkan layanan internet di Afrika. Tidak ada korban jiwa dilaporkan atas terjadinya ledakan tersebut.

Ledakan terjadi sekira pukul 09.00 di Cape Canaveral Air Force Stasion ketika SpaceX tengah melakukan uji coba menembakkan roket tanpa awak, Falcon. Tes itu dilakukan sebelum peluncuran yang direncanakan pada Sabtu untuk menyediakan rumah internet untuk bagian sub Sahara Afrika dan Timur Tengah.

Roket Falcon 9 yang beratnya mencapai 604 ton itu membawa sebuah satelit yang memiliki tugas menyebarkan koneksi internet ke wilayah terpencil seperti Afrika, Timur Tengah, dan sebagian Eropa.

Satelit bernama Amos-6 itu dimanufaktur oleh Israel Aerospace Industries dan rencananya dioperasikan oleh Space Communication (Spacecom) yang berbasis di Tel Aviv.

Melalui akun Facebooknya, CEO Mark Zuckerberg menyatakan kekecewaan. “Saya sangat kecewa mendengar kegagalan peluncuran SpaceX dan menghancurkan satelit kami yang menampung konektivitas untuk para pengusaha dan orang banyak di Afrika,” tulis Zuckerberg.

Ia menyambung, “kabar baiknya, kami telah mengembangkan teknologi lain seperti drone Aquila yang mampu memberi konektivitas juga. Kami tetap berkomitmen terhadap misi kami dalam penyebaran internet.”

Sementara itu Juru bicara Facebook Chris Norton mengatakan perusahaannya “Kecewa dengan kerugian yang dialami, namun kami tetap berkomitmen untuk misi kami menghubungkan orang dengan internet di seluruh dunia”

Berikut adalah rekaman detik-detik meledaknya Roket Falcon 9 di Cape Canaveral.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend