Zulkifli Hasan vs Cak Imin, Siapa Lebih Populer?

Foto: Istimewa

Sebagai ketua umum partai politik, Zulkifli Hasan dan Muhaimin Iskandar digadang-gadang oleh kader partainya masing-masing sebagai calon Presiden 2019. Keduanya juga terlihat sebagai ketua umum partai politik yang sangat rajin bersosialisasi melalui media dan media sosial.

Pantauan pada media sosial twitter, keramaian kedua ketum parpol tersebut tidak terpaut jauh. Meskipun tidak memiliki jabatan publik, Cak Imin lebih piawai dalam memanfaatkan media sosial berlambang burung tersebut.

Pada periode pemantauan 1 – 12 September 2017, jumlah kicauan tentang Cak Imin mencapai 26.266 tweet. Sementara jumlah kicauan tentang Ketua MPR, Zulkifli Hasan mencapai 19.831 tweet. Trending topic memang menjadi andalan Cak Imin dalam bersosialisasi. Hal ini terlihat dari fluktuasi grafik berikut.

Grafik Perbandingan Zulkifli Hasan dan Cak Imin di Twitter

Jika diperhatikan, kampanye digital Zulkifli Hasan terlihat lebih stabil dibandingkan Cak Imin. Dalam merawat komunikasi, grafik yang stabil menunjukkan kontinuitas yang konsisten bagi Zulkifli Hasan dibandingkan dengan Cak Imin.

Data pada mesin evello juga memperlihatkan jumlah akun yang terlibat dalam perbicangan tentang Cak Imin mencapai 5.792 akun. Sementara jumlah akun yang terlibat memperbincangkan Zulkifli Hasan mencapai 3.349 akun.

Jakarta dan Jawa Timur terpantau menjadi lumbung terbanyak akun-akun yang terlibat dalam mendongkrak popularitas Cak Imin. Sebaran akun-akun pendukung Cak Imin juga terlihat lebih baik dibandingkan Zulkifli Hasan.

Sebaran Akun-Akun Pendukung Zulkifli Hasan vs Cak Imin

Di twitter, sebagai ketua MPR, Zulkifli Hasan kalah telah dibandingkan dengan Cak Imin. Tanpa memiliki jabatan publik, Cak Imin jauh lebih kreatif dalam memperkenalkan dirinya melalui platform ini.

Lalu bagaimana dengan perbandingan kedua Ketum Partai Politik tersebut di Facebook. Berdasarkan jumlah share melalui Facebook Fanpage, Zulkifli Hasan unggul atas Cak Imin. Jumlah informasi yang dibagikan melalui Panpage, Zulkifli Hasan unggul 64,3% lebih banyak dibandingkan Cak Imin.

Tanda suka yang dikirimkan oleh netizen melalui emoji likes terlihat dikuasai oleh Zulkifli Hasan dibandingkan Cak Imin. Pada periode yang sama, jumlah emoji suka Zulkifli Hasan mencapai 5.097 dibandingkan Cak Imin yang mencapai 1.961.

Perbandingan Jumlah Emoji Likes Zulkifli Hasan vs Cak Imin Melalui Fanpage

Bagaimana dengan di media pemberitaan. Posisi sebagai Ketua MPR RI membuat Zulkifli Hasan lebih ramai terekspos media. Jika perbandingan dilakukan head to head, maka jumlah pemberitaan Zulkifli Hasan mencapai 80,5% lebih banyak dbandingkan dengan Cak Imin pada periode 1-12 Oktober 2017.

Perbandingan Jumlah Pemberitaan Zulkifli Hasan vs Cak Imin

Melihat fakta-fakta tersebut, Cak Imin perlu lebih kreatif untuk menjaga popularitasnya di kanal media sosial. Kreatifitas diperlukan mengingat bahwa tidak ada jabatan publik yang disandang oleh pria berusia 51 tahun tersebut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend