78 WNA Cina Pelaku Penipuan Siber Segera Dideportasi, Netizen: Tabiat Buruk…Bahaya!

78

(Sumber foto: FB Bambang S/posmetro.info)

Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara akan segera memulangkan atau mendeportasi 78 warga negara asing (WNA). WNA tersebut diamankan Polda Sumut beberapa waktu lalu.

Plt Kepala Divisi Imigrasi Kemenkum HAM Sumut Sabarita Ginting mengatakan, para WNA tersebut diamankan di ‎sebuah gudang ‎di Jl Besar Tanjung Morawa-Kualanamu, tepatnya di Telaga Sari, Tanjung Morawa, Deli Serdang, Selasa (16/5). Sebanyak 54 orang dari 78 WNA tersebut berasal dari Cina dan 24 orang merupakan warga negara Taiwan. “Dalam waktu dekat akan dilakukan deportase semua WNA itu,”kata Sabarita, Kamis (15/6).

Sabarita mengatakan, rencana pemulangan ini muncul setelah Kemenkum HAM Sumut melakukan pertemuan dengan Konsulat Jenderal Cina di Medan dan Kedutaan Besar Taiwan di Jakarta. Namun, pemulangan ini ‎masih terkendala tiket pesawat. “‎Kami masih menunggu tiket pesawat pemulangan mereka karena tiket disediakan oleh perwakilan negara masing-masing,” ujar dia.

Untuk saat ini, Sabarita mengatakan, 78 WNA itu masih ditempatkan di Rumah Detensi Imigrasi Belawan. Mereka pun tetap dalam pengawasan ketat dari Imigrasi Kemenkum HAM Sumut. “Kami melakukan proses hukum, namun tetap menjaga hubungan bilateral kedua negara. Antara negara kita dengan Tiongkok dan Taiwan,” kata Sabarita.

Polda Sumut bersama tim Mabes Polri dan Interpol menggerebek sebuah gudang ‎di Jl Besar Tanjung Morawa-Kualanamu, Deli Serdang. Dari gudang itu, petugas menangkap 78 WNA asal Cina dan Taiwan yang diduga melakukan penipuan melalui dunia maya terhadap korban yang berasal dari negara mereka. Sebanyak 49 orang di antaranya laki-laki dan sisanya perempuan.

SUMUT,[TIPIKOR] POLDASU BURU PEMASOK 78,WN CINA KESUMUT:

Posted by Bambang S on Sunday, June 4, 2017

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen terkait 78 WN Cina pelaku penipuan siber akan dideportasi. “dimanapun berada usirrr……(turunan tabiat buruk…bahaya!!!)”, tulis netizen bernama Angkasapura sampaikan kekhawatiran dengan maraknya WN Cina illegal pelaku kejahatan di Indonesia. Sedang netizen bernama Fauzan AS, singgung soal perilaku hidup yang buruh WN Cina. “Lgi…lgi..lgi…cina.hidup buat menipu.tampa menipu.tidak bisa hidup. Jelek sekali prilakunya…hati2. Orang pribumi.jgn di beri kebebasan.kerna dia Bom waktu buat kita.klu kita tidak siaga”.

Sindiran pun tak kurang dilontarkan netizen lain, “Orang Cina Pintar koq liciknya yg dipakai..Ga ilang2 keturunan jelek nya…Ga korupsi, pemalsuan, nyolongan, belum narkoba astaghfirullah Al azhim…”. komentar Febrianti Indraswari Kuswahyuni. Sindiran tak kalah pedas disampaikan netizen bernama Ning Ningsih dimaksudkan terkait pernyataan presiden Joko Widodo yang pernah sebut kedatangan WN Cina untuk transfer ilmu , “Transfer ilmu kata wiwi”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend