Aksi Ribuan Nelayan Segel Pulau Reklamasi Jadi Perhatian Netizen

Foto : Twitter

Nelayan teluk Jakarta melakukan aksi demonstrasi dan sekaligus menyegel pulau G hasil reklasimasi hari ini (Minggu, 17/4). Penyegelan ditandai dengan pendudukan Pulau G oleh para nelayan. Setelah menduduki pulau G, nelayan akan menuju ke pulau D untuk menyegel pulau tersebut.

Diding Setiawan yang  mewakili Forum Kerukunan Masyarakat Nelayan Muara Angke, Jakarta, mengatakan penyegelan tersebut diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh Gubernur DKI Jakarta dan Presiden Republik Indonesia agar reklamasi di Teluk Jakarta dihentikan.

Apabila masih terdapat pembangunan proyek reklamasi di Pulau G tersebut, para nelayan berjanji akan kembali lagi dan melakukan penyerbuan ke para pekerja proyek. “Akan kita kontrol setiap harinya selama belum ada kesepakatan,” tukasnya.

Aksi para nelayan ini mendapatkan perhatian cukup besar dari netizen. Ditambah banyak laporan dari lokasi penyegelan yang disampaikan oleh massa aksi melalui media sosial, utamanya twitter. Hingga pukul 12:34 WIB, pantauan redaksi eveline menemukan 8.068 tweet disampaikan netizen tentang aksi nelayan teluk Jakarta ini.

Netizen pun juga ramai memberikan dukungannya pada aksi ribuan nelayan ini. “Kenapa #TolakReklamasi sebab laut adalah rumah bagi para nelayan.”, cuit pemilik akun @DedikPriyanto.

Komentar bernada sama juga disampaikan oleh netizen lainnya. “Laut tak bersertifikat, tp bkn brarti hak hidup nelayan blh digusur oleh investor reklamasi #TolakReklamasi” cuit pemilik akun @ari_trismana.

Tidak seluruh pulau reklamasi disegel oleh nelayan. Dilaporkan oleh viva, pulau yang dibangun oleh PT Muara Wasesa, anak perusahaan Agung Podomoro Land, ini sudah dijaga puluhan pria berbadan tegap berpelampung warna oranye.

Agar tidak terjadi bentrokan dengan orang berpakaian preman itu, massa nelayan akhirnya mengurungkan niat memasang plang segel di tengah pulau. Pemasangan plang segel  hanya dilakukan di tepian pulau.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend