Anies Baswedan Konsisten Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

PTUN Menangkan Gugatan Reklamasi Pulau G, Netizen Ucapkan Syukur

Foto: Istimewa

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan, menegaskan dirinya tidak akan melanjutkan proses reklamasi jika terpilih menjadi gubernur. Sekalipun melalui program reklamasi tersebut beberapa lapangan kerja akan diperoleh bagi warga Jakarta.

“Sebenarnya lapangan kerja itu bisa diperoleh di mana saja dan tidak tergantung pada sebuah proyek. Jadi soal penambahan lapangan pekerjaan (karena reklamasi), itu sebenarnya bisa dilakukan di banyak tempat,” kata Anies di Jalan Bunga Nusa Indah, Cipete, Jakarta Selatan, Sabtu (11/3).

Anies menuturkan mengenai penambahan lapangan pekerjaan, dirinya akan terus menggenjot program OK OCE (One Kecamatan One Center Entrepreneurship) yang dicetuskan oleh dia dan pasangannya Sandiaga Uno.

Di mana, nantinya para calon pelaku usaha akan dibina di sebuah kecamatan untuk menguasai keterampilan tertentu yang dapat dijadikan sumber penghasilan.

Sementara itu, suara penolakan terhadap reklamasi teluk Jakarta juga terus menguat. Tak terkecuali netizen yang terus mengupayakan penghentian reklamasi teluk Jakarta. Salah satu netizen yang cukup aktif menolak adalah Sejarawan JJ Rizal.

Seperti diketahui, Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta akan membacakan putusan sidang gugatan izin reklamasi Pulau F, I, dan K pada 16 Maret mendatang. Penetapan sidang itu diambil tanpa pembacaan kesimpulan Komunitas Nelayan Tradisional Indonesia sebagai penggugat dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebagai tergugat.

Tiga pokok keberatan penggugat pada perkara ini adalah wewenang perizinan, dokumen analisis dampak lingkungan (amdal) dan proses sosialisasi.

KTNI menuding Basuki alias Ahok tidak berwenang menerbitkan izin pelaksanaan reklamasi. Tindakan Ahok itu dituding bertentangan dengan UU tentang Pengelolaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend