Bambang Brodjonegoro Sebut Ekonomi Indonesia Mirip Jaman Penjajahan Belanda, Netizen Berkomentar

Bambang Brodjonegoro Sebut Ekonomi Indonesia Mirip Jaman Penjajahan Belanda, Netizen Berkomentar

Sumber foto: liputan6 / okezone

Menteri Perencanaan Pembangunan, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini mirip dengan kondisi saat dijajah Belanda.

“Ekonomi Indonesia saat ini tidak jauh beda dengan kondisi ekonomi saat kita di jajah Belanda. Mereka menjajah dengan menjarah rempah-rempah dan komoditas lainnya yang dikirim ke negaranya,” ujar Bambang seperti dikutip dari Kompas, Sabtu (12/6).

Mantan Menteri Keuangan itu berpendapat Indonesia saat dijajah oleh Belanda sumber daya alam Indonesia dikeruk habis, bahkan ada gerakan tanam paksa. Kondisi ini, menurut dia, menyerupai kondisi Indonesia saat ini yang mengandalkan sumber daya alam untuk diekspor.

Lebih lanjut, Bambang menyebut saat ini Indonesia banyak sekali diminta asing untuk mengekspor hasil tambangnya dengan menawarkan nilai tambah yang cukup menggiurkan. Tawaran-tawaran tersebut tidak terlepas dari agenda politik yang sudah tersusun rapi.

Apabila kondisi ini tidak disikapi secara bijak oleh Indonesia maka kondisi penjajahan di zaman Belanda akan dirasakan lagi saat ini.

Bambang Brodjonegoro yang mengatakan bahwa kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang mirip dengan kondisi saat jaman penjajahan Belanda pun ramai dikomentari oleh para pengguna media sosial twitter.

Salah satu pengguna twitter yang berkomentar adalah akun @opini_saja yang menyebut keadaan saat ini juga tak jauh beda dengan lirik lagu musisi Iwan Fals. “jadi ingat lagu @iwanfals berhutang lalu lagi berhutang tahu tahu menipu!”

Berbeda dengan komentar akun @oldisty yang mempertanyakan apakah hal tersebut ada hubungannya dengan kinerja pemerintahan saat ini. “Maksudnya…., apakah Penguasa sekarang merupakan model penjajahan gaya baru..gitu, wong cilik sudah merasa diperas habis secara perlahan?!!”

Ada juga pengguna twitter yang menuding penjajah yang disebut oleh Bambang merupakan para taipan yang berkuasa di Indonesia. “Penjajahnya para taipan pengemplang BLBI yg justru dpt SKL_BLBI. Sekarang hutang dg negeri asal para taipan…betapa bodohnya rezim ini !!!” tulis akun @Djunwae.

Bambang melanjutkan, semestinya pemanfaatan sumber daya alam perlu disikapi dengan bijak. Tidak perlu jor-joran dalam pemanfaatan sumber daya alam mengingat ketersediaannya yang semakin lama semakin menipis.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend