Beredar Struk Pembelian Pertalite di Jayapura dengan Nilai Fantastis, Pertamina: Itu Hoax

Beredar Struk Pembelian Pertalite di Jayapura dengan Nilai Fantastis, Pertamina: Itu Hoax

Sumber foto: merdeka / katadata

Belakangan sebuah struk pembelian BBM jenis pertalite ramai menjadi sorotan, Minggu (7/1). Pasalnya, struk yang berasal dari sebuah SPBU di Kotaraja, Jayapura, Papua ini bernilai fantastis.

Fantastis karena nilai pembayaran di SPBU No. 84.991.06 Jalan Abepura Kotaraja No. 77 Jayapura untuk 1 liter BBM jenis Pertalite tertulis Rp 77.700, sehingga untuk pembelian 12,98 liter BBM total pembayaran adalah Rp 1.008.546 yang tentu saja tidak masuk akal.

Mengetahui kabar tersebut, pihak Pertamina pun angkat bicara. Dikutip dari Monitor, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII, Eko Kristiawan memastikan bahwa struk yang beredar tersebut tidak benar atau hoax.

Hal ini dipastikan setelah pihak Pertamina melakukan pengecekan oleh petugas ke SPBU yang bersangkutan tidak ada yang diluar kebiasaan terkait penjualan BBM maupun harga.

Struk aslinya adalah struk yang tercetak pembelian 12,98 liter dengan harga Rp 7.700 dan total pembayaran Rp 100.000.

Baca Juga: Netizen Ramai Berdebat Soal Harga BBM di Papua

“Secara kasat mata dapat juga dilihat bahwa struk asli berbeda dengan struk yang beredar yang kemungkinan telah diedit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan tertentu,” ungkap Eko.

Eko meminta masyarakat tidak mudah terpancing dan menyebarkan informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Apabila masyarakat menemukan kejanggalan atau penyimpangan dalam layanan di SPBU dapat segera melaporkan ke Pertamina Contact Center di nomor telpon 1-500-000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend