Dampak Abu Vulkanik Gunung Dukono, Bandara Gamar Malamo Ditutup

Dampak Abu Vulkanik Gunung Dukono, Bandara Gamar Malamo Ditutup

Sumber foto: jpnn / news108jakarta

Bandara Gamar Malamo, Maluku Utara ditutup karena dampak dari abu vulkanik Gunung Dukono. Ditutupnya bandara ini dimulai dari hari Kamis (25/8) dan diperkirakan akan dibuka pada Jumat (26/8) besok. Melalui akun twitter Kementerian Perhubungan juga mengkonfirmasi tutupnya Bandara Gamar Malamo ini.

Pihak bandara sendiri mengatakan ditutupnya bandara ini harap dimaklumi oleh para penumpang. Dipastikan terjadi penundaan atau pembatalan penerbangan akibat penutupan bandara tersebut. Seperti diketahui, abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi bisa membahayakan penerbangan. Bahkan aktivitas bandara juga bisa terganggu apabila terdapat abu vulkanik.

Pada Selasa (9/8/2016) sore, kawah Gunung Dukono masih mengeluarkan asap disertai abu vulkanik condong ke barat laut. Tinggi asap sekitar 800 meter dari puncak kawah. Letusan Gunung Dukono telah berlangsung sejak Sabtu (6/8/2016). Semburan abu vulkanik membumbung setinggi 900 meter. Abu mengarah ke utara tepatnya di Kecamatan Tobelo Utara dan Galela.

Status Gunung Dukono masih Waspada (level II). Radius dua kilometer dari puncak kawah tidak boleh ada aktivitas masyarakat. Hingga saat ini belum ada pengungsian. Masyarakat telah dihimbau BPBD agar tidak melakukan aktivitas berkebun hingga radius 5 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*