Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde Kunjungi Indonesia, Netizen Bertanya Soal Utang

Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde Datang Ke Indonesia – sumber foto: Istimewa

Kabar kedatangan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde ke Indonesia pada 1-2 September 2015 menjadi perhatian publik tanah air selama beberapa hari lalu. Lagarde disebut menemui petinggi di Indonesia seperti Presiden Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. Selain itu, Lagarde juga diagendakan mengisi acara di konferensi regional bertajuk ‘Future of Asia’s Finance: Financing for Development 2015’ yang diinisiasi oleh IMF dan Bank Indonesia.

Di saat kondisi ekonomi Indonesia melemah, salah satunya dikarenakan anjloknya nilai tukar rupiah, kedatangan Direktur Pelaksana IMF ini tak heran menimbulkan spekulasi akan kemungkinan Indonesia meminta pinjaman utang kembali ke lembaga keuangan dunia tersebut. Namun, Kepala Staf Kepresidenan yang juga Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan membantah sinyalemen tersebut. Luhut menegaskan kedatangan Christine Lagarde tak berhubungan dengan pinjaman. Kedatangannya hanya untuk menyampaikan pandangan soal masalah perekonomian global.

“Jadi, kedatangan bos IMF tak seperti tahun 1998,” tegas Luhut sebagaimana dikutip dari Tempo.co

Hal serupa dinyatakan juga oleh Christine Lagarde. Direktur IMF asal Prancis ini mengatakan kedatangannya ke Indonesia bukan untuk memberikan pinjaman, melainkan justru meminta kesediaan Indonesia menjadi tuan rumah evenThe 2018 Annual Meeting of The International Monetery Fund (IMF) dan The World Bank Group.

“Meminjam dari keramahannya, kekuatan dan keindahan budaya, kekuatan dan keramahan Indonesia. Dan saya tahu tahun 2018 akan menjadi momen yang fantastis,” sebut Christine dalam jumpa pers di Istana Merdeka, Selasa, 1 September 2015 lalu.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kedatangan Direktur Pelaksana IMF ke Indonesia? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 1 – 2 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 13.486 tweet yang membicarakan tentang Lembaga Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF).

Sebanyak 1.014 tweet menyebut kedatangan Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde ke Indonesia pada 1 – 2 September 2015 ini. Netizen menyebut Christine akan menemui Presiden Joko Widodo serta Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Lewat 765 tweet, netizen tanah air bertanya-tanya agenda penting apa yang dibawa Direktur IMF sehingga datang ke Indonesia. Hal ini tentunya tak lepas dari kondisi perekonomian Indonesia yang tengah merosot saat ini.

Rasa penasaran netizen diungkapkan lewat 1.954 tweet yang menanyakan apakah kedatangan Christine Lagarde untuk membahas pinjaman utang Indonesia ke IMF seperti pada saat krisis moneter tahun 1998. Netizen menyebut-nyebut soal ini berdasarkan kondisi ekonomi dan nilai tukar rupiah yang anjlok hingga nilai 14 ribu per Dollar Amerika Serikat.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend