ESDM Sebut Berita Tempo Terkait Perpanjangan Izin Freeport Tidak Benar

ESDM Sebut Berita Tempo Terkait Perpanjangan Izin Freeport Tidak Benar

Sumber foto: moneter / tempobisnis

Belakangan pemberitaan terkait perpanjangan izin perusahaan tambang asal Amerika, Freeport berhembus kencang. Mengetahui hal itu, Kementerian ESDM berupaya melakukan klarifikasi. Ditambah lagi, pemberitaan- pemberitaan yang dianggap tidak benar alias hoax.

Salah satunya adalah pemberitaan dari media Tempo. Pihak ESDM membantah berita Tempo yang berjudul ‘ESDM Setuju Izin Freeport Diperpanjang’.

Lewat akun twitter @KemenBUMN, ESDM melakukan klarifikasi terhadap pemberitaan Tempo tersebut. ESDM sendiri menyatakan hingga saat ini belum ada perpanjangan izin Freeport. Deputi Fajar Harry mengatakan pemerintah masih membahas format izin usaha Freeport paska IUPK sementara habis.

Pengguna twitter kemudian ramai menyoroti Tempo terkait pemberitaan perpanjangan izin Freeport tersebut. Pemilik akun twitter @_themukz_88 menyesalkan makin banyaknya portal berita yang memberikan berita yang informasinya kurang akurat.

Komentar lainnya datang dari akun @BerlandGroup yang menyebut pemberitaan dari Tempo banyak yang masih dipertanyakan. “Berita Di Tempo Rata-rata Gak Bener, Tolong @kemkominfo Ditegur Bikin Citra Pemerintah Jelek @jokowi.”

Nantinya akan ada pembahasan dalam rapat. Ada empat agenda rapat yakni perpanjangan operasi Freeport, smelter, divestasi & stabilitas investasi. Poin perpanjangan operasi dan smelter dikoordinasikan oleh Menteri ESDM. Sementara poin divestasi dan stabilitas investasi dikoordinasikan oleh Menteri Keuangan.

Freeport tetep diwajibkan mengubah izin operasi dari Kontrak Karya (KK) ke IUPK jika ingin ekspor konsentrat. Perusahaan asal Amerika itu wajib membangun smelter dalam 5 tahun ke depan atau selambat-lambatnya pada 2022.

Sesuai ketentuan Freeport juga wajib untuk melakukan divestasi saham 51%. Menteri BUMN mengusulkan divestasi bisa dilaksanakan BUMN dan BUMD secara bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend