Foto Jaksa Dengan Tulisan #OTTRecehan Viral, Netizen Ramai Berkomentar

Foto Jaksa Dengan Tulisan #OTTRecehan Viral, Netizen Ramai Berkomentar

Sumber Foto : Istimewa

Foto dua orang berbaju kejaksaan beserta tulisan bernada protes atas operasi tangkap tangan yang diduga dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap jaksa beredar di jejaring sosial beberapa hari ini.

Foto protes ini diduga berkaitan dengan penangkapan KPK terhadap Kepala Seksi III Intel Kejaksaan Tinggi Bengkulu, Parlin Purba, atas dugaan suap pada Jumat, (9/6/2017). Sebab, OTT yang dilakukan KPK kepada Parlin Purba hanya mendapati barang bukti berupa uang Rp10 juta. Meski kemudian KPK menyebut bahwa Parlin sebelumnya diduga telah menerima suap Rp150 juta.

Dalam foto yang beredar, terdapat dua pesan yang berbeda. Pertama dalam tulisan yang dipegang oleh seorang pria menuliskan, “Kami terus bekerja walau anggaran terbatas. Kami tetap semnagat walau tanpa pencitraan. Kinerja kami jangan kamu hancurkan dengan #OTTRECEHAN,”

Sedangkan di pesan yang kedua tertulis, “Sudah ribuan perkara korupsi kami tangani. Sudah trilyunan uang negara kami selamatkan. Kinerja kami jangan kamu hancurkan dengan #OTTRECEHAN,”

Pantauan redaksi eveline di media sosial, mendapati beragam komentar terkait kedua foto yang menyindir kinerja KPK saat menangkap Parlin Purba. Seorang netizen merasa bahwa hal itu tidak pantas, pasalnya seorang Jaksa adalah salah satu garda terdepan dalam penegakan hukum, bukan sebaliknya.

Bahkan seorang netizen pun mengingatkan bahwa yang jadi masalah bukanlah nilai dari korupsi yang dilakukan, namun seorang penegak hukum yang melanggar hukum. “Yg jadi masalah bukan soal atau trilyunan. Tp bhwa penegak hukum tersandung kasus hukum. Cc  @KejaksaanRI  @KPK_RI” tulis @teodomina

Lebih lanjut, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo pun ikut mengomentari foto-foto tersebut. Menurutnya, aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan parajaksa terhadap rekan kerjanya yang melakukan pelanggaran hukum. Ia pun membantah kalau foto tersebut ditujukan kepada KPK.

Sementara itu, ada pula netizen yang mendukung apa yang dilakukan dua jaksa tersebut. Ia adalah pemilik akun twitter @gho_n_izy yang menganggap seharusnya KPK bisa menangkap pelaku dengan kasus-kasus yang lebih besar. !!! Tepat sekali ! Digaji ratusan juta perbulan hanya ngurusin puluhan juta. Kasihan rakyat yg bayar pajak.”

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend