Gubernur Djarot Sebut Keuntungan Pulau Reklamasi Capai Rp 48 Triliun Setahun, Netizen Berkomentar

Tak Tahu Soal Terbit HGB Pulau Reklamasi, Gubernur Djarot Jadi Sorotan Netizen

Foto: Ilustrasi

Ternyata keuntungan pulau Reklamasi tidak sedikit. Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyebut bahwa keuntungan pulau Reklamasi bisa mencapai Rp 48 Triliun dalam kurun waktu setahun. Hal tersebut disampaikan Djarot di Balai Kota.

“Pemerintah daerah itu bisa mendapatkan tambahan dana. Kalau rata-rata NJOP (nilai jual objek pajak) Rp 10 juta. Maka yang didapat paling konvensional di kawasan yang terbangun itu kita bisa dapatkan Rp 48 triliun,” kata Djarot seperti dikutip Detik (7/9).

Nantinya Pemprov akan mendapatkan lahan sebesar 5% dari kewajiban pengembang. Lahan tersebut, menurut Djarot, akan dimanfaatkan untuk pembangunan dermaga dan rusun bagi nelayan. Djarot menyebut hasil dari kontribusi reklamasi dapat digunakan untuk membangun tanggul laut raksasa. Menurutnya, sudah banyak pengembang yang mencicil kontribusi tambahan tersebut.

Keuntungan pulau Reklamasi yang mencapai Rp 48 Triliun dalam jangka waktu setahun yang disampaikan oleh Djarot pun mengundang reaksi para pengguna media sosial twitter. “Untung banyak banget.. masyarakat miskin malah makin bertambah..!” tulis pengguna twitter dengan akun @AzharMatang.

Berbeda dengan komentar akun @parra_indonesia yang mempertanyakan keuntungan pulau Reklamasi untuk siapa. “Yg diuntungkan siapa?sudah 2 kali ganti gubernur skr yg ketiga selama 1 periode anggaran DKI baru diserap 39% gimana warga DKI mau sejahtera.”

Ada juga yang menyebut pulau Reklamasi tidak memberikan untung sama sekali. “Untung jidatmu,… Justru banyak ruginya, mikir nggak sih, bahwa itu akan jadi sarang koloni Aseng?” kicau akun @hanan_suganda.

Djarot saat ini terus berupaya mendesak DPRD menyelesaikan dua Raperda terkait reklamasi. Dia ingin kontribusi tambahan 15 persen tidak dihapuskan dari Raperda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend