Izin Pabrik Semen Rembang Keluar, Netizen Galang Perlawanan

Tolak Pendirian Pabrik Semen, 9 Wanita #DipasungSemen

Foto: Istimewa

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akhirnya menerbitkan izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia di Rembang. Izin lingkungan tersebut ditandatangani gubernur pada Kamis malam, 23 Februari 2017.

Izin pabrik Semen Rembang tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tentang izin Lingkungan Kegiatan Penambangan dan Pembangunan Pabrik Semen PT Semen Indonesia di Kabupaten Rembang.

Ganjar menyampaikan bahwa penerbitan izin itu merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Penilai Amdal (KPA) yang terdiri dari unsur pemerintah, pakar, akademisi perguruan tinggi, LSM, dan masyarakat.

Adapun menurut hasil sidang Komisi Amdal tersebut, dokumen Adendum Amdal dan Rencana Pengelolaan Lingkungan/Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL-RPL) PT Semen Indonesia dinyatakan memenuhi kelayakan. Merujuk aturan, gubernur diharuskan menerbitkan izin lingkungan dalam waktu 10 hari sejak rekomendasi diserahkan KPA.

Menanggapi hal tesebut, netizen menyatakan tidak setuju dan mendukung perlawanan petani asal Kendeng, Rembang.

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Hukum sekaligus Ketua Program Doktor Ilmu Hukum Universitas Diponegoro (Undip), Prof DR FX Adji Samekto menilai, rencana tata ruang pabrik Semen Rembang telah sesuai ketentuan peraturan undang-undang yang berlaku.

Kendati masih ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pabrik Semen Rembang sebab putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung Nomor 99.PK/2016 tentang Gugatan Izin lingkungan Pabrik Semen di Rembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*