Izin Reklamasi Pulau K Dicabut, Netizen Sebut Ini Kemenangan Rakyat

Izin Reklamasi Pulau K Dicabut, Netizen Sebut Ini Kemenangan Rakyat

Sumber Foto : Istimewa

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dalam sidang putusan yang digelar pada Kamis (16/3/2017) mengabulkan gugatan nelayan terhadap reklamasi Pulau K oleh PT Pembangunan Jaya Ancol. PTUN menyatakan, surat keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta tentang pelaksanaan reklamasi Pulau K dibatalkan.

Dalam amar putusannya, hakim juga menyatakan, mencabut SK Gubernur DKI Jakarta tentang Reklamasi Pulau K oleh PT Jaya Ancol. Majelis hakim yang beranggotakan Adi Budi Sulistyo dan Nani Juliani juga menyatakan, penerbitan SK tersebut tidak sesuai dengan Amdal.

Putusan ini langsung disambut dengan suka cita oleh para mahasiswa dan massa nelayan yang saat itu berada di depan gedung PTUN.  Dengan berbagai ekspresi dari menangis, berteriak, dan memanjatkan doa atas putusan tersebut.

Pantauan redaksi eveline di media sosial twitter, mendapati beragam komentar terkait putusan PTUN Jakarta Cabut Izin Reklamasi Pulau K. Berikut beragam kicauan netizen yang dapat kami rangkum untuk anda :

Kuasa hukum dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta yang mendampingi para nelayan, Tigor Hutapea, sejak awal optimistis putusan sidang akan berpihak pada nelayan.  Tigor pun menjelaskan bahwa Pemprov DKI dianggap menyalahi prosedur yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.

Misalnya dengan tidak mendasarkan kepada Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, tidak adanya izin lokasi, tidak ada izin lokasi pengambilan material, tidak adanya rekomendasi dari Menteri Kelautan dan Perikanan untuk pelaksanaan reklamasi.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend