Jokowi Berikan Nama Nurtanio Untuk Pesawat N219

Jokowi Berikan Nama Nurtanio Untuk Pesawat N219

Foto: tribunnews / merdeka

Presiden Joko Widodo memberikan nama pesawat N219 yang merupakan produk buatan anak bangsa dengan nama ‘Nurtanio’. Penamaan itu diberikan oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat 10 November 2017, beberapa saat sebelum bertolak ke Vietnam dalam rangka kunjungan kerja.

Siapa Nurtanio? Presiden menjelaskan, bahwa ada seorang yang berjasa dalam dunia penerbangan.

“Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo adalah pahlawan bangsa yang berjuang tanpa pamrih. Seluruh hidupnya didarmabaktikan untuk kedirgantaraan Indonesia,” kata Jokowi.

 Nurtanio, lanjut Jokowi, gugur saat sebuah uji coba penerbangan. Walau gugur, yang paling dikenang darinya adalah kalimat yang selalu menggelorakan untuk terus bekerja. “Ada sebuah kalimat dari Nurtanio yang patut kita hayati, ‘Sudah, kita tidak usah ribut-ribut yang penting kerja’,” kata Jokowi menirukan kalimat Nurtanio semasa hidupnya.

Maka, pesawat N219 ini lanjut Jokowi, diberi nama ‘Nurtanio’, sebagai perwujudan dari kalimat  yang pernah disampaikan Nurtanio itu.

Pesawat berkelir putih ini merupakan hasil kerja sama PT Dirgantara Indonesia (Persero) (PTDI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Di badan pesawat terlihat tulisan produk anak bangsa hadir untuk negeri ini mampu mengangkut 19 orang atau mengangkut beban hingga 7.030 kilogram (kg) saat take off dan 6.940 kg saat landing. Kecepatan pesawat N219 bisa mencapai 210 knot dengan kecepatan ekonomisnya 190 knot.

Setelah penamaan prototipe pesawat N219 oleh Jokowi, maka pesawat N219 masih harus melewati serangkaian uji terbang sekitar 300 jam. Uji terbang dilakukan untuk mendapatkan type certificate (TC).

Type certificate adalah sertifikasi kelaikan udara dari desain manufaktur pesawat. Sertifikat ini dikeluarkan oleh Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) Kementerian Perhubungan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend