Kartu Uang Elektronik Akan Digratiskan Hingga Desember

Netizen Mengeluh Jalan Tol Menuju Bandara Soetta Macet Karena Penggunaan ETol

Foto: Istimewa

Bank Indonesia (BI) selaku regulator sistem pembayaran terus mendorong program elektronifikasi jalan tol. Pada 16-31 Oktober 2017, BI bekerja sama dengan perbankan dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) rencananya memberikan kartu uang elektronik secara gratis.

Direktur Elektronifikasi Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI Pungky Wibowo mengatakan, pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu uang elektronik akan mendapat satu keping kartu tanpa biaya saat hendak memasuki pintu tol. Saat ini, biaya pembelian kartu sekitar Rp 20 ribu-Rp 30 ribu.

“Ini khusus bagi yang belum punya. Kesadaran dan kejujuran masyarakat sangat diutamakan,” kata Pungky di Jakarta, Selasa (10/10).

Dia menegaskan, yang digratiskan hanyalah biaya kartu uang elektroniknya. Saldo dalam uang elektronik tetap harus dibayar pengguna. Menurutnya, pembagian kartu ini merupakan program badan usaha jalan tol di bawah supervisi BPJT serta perbankan.

Sejauh ini, netizen terlihat menyoroti dampak penggunaan uang elektronik yang berpotensi menyebabkan PHK massal. Seperti yang diutarakan netizen berikut.

Pungky berharap, keringanan biaya ini dapat mendorong penggunaan alat bayar uang elektronik di jalan tol sebelum penerapan 100 persen elektronifikasi pembayaran tol pada 31 Oktober 2017.

Dia menjelaskan, alasan utama penerapan program elektronifikasi gerbang tol semata-mata untuk mengurangi kemacetan. “Sudah pasti atasi kemacetan. Bayangkan, di tol kita harus antre karena membayar tunai. Berapa habis ongkos ekonomi seperti BBM bagi masyarakat,” katanya.

‎Kemudian, lanjut Pungky, sebanyak lima juta sampai enam juta kendaraan yang melaluju di pintu tol akan lebih dimudahkan karena tidak perlu menyiapkan uang tunai maupun uang receh. Ketika gerbang tol sudah terelektronifikasi, transaksi akan sangat efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend