Mahasiswa Harus Punya NPWP Sebelum Wisuda, Netizen Mempertanyakan

Mahasiswa Harus Punya NPWP Sebelum Wisuda, Netizen Mempertanyakan

Sumber foto: mercubuana / kreditgogo

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir berencana memberi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) pada mahasiswa sebelum wisuda. Jadi nantinya mahasiswa harus punya NPWP sebelum mereka melaksanakan wisuda. Hal ini bertujuan agar setelah lulus nanti para mahasiswa dapat dimonitor apakah ia merupakan wajib pajak aktif atau pasif.

“Pada studi saat mahasiswa lulus bisa langsung dapat NPWP, supaya mau bayar pajak. Ini strategi. Supaya jumlah lulusan dari perguruan tinggi bisa dimonitor apakah itu wajib pajak aktif dan pasif,” jelas Nasir seperti dikutip Detik.

Ide tersebut muncul karena Nasir mengatakan bahwa masih banyak mahasiswa yang belum mengerti manfaat pajak. Hal ini pula yang membuat kepatuhan pajak relatif kurang saat mahasiswa lulus dan kemudian jadi wajib pajak.

Rencana Menristek Dikti ini pun mejadi pembicaraan di media sosial, khususnya twitter. Pantauan redaksi Eveline periode 28- 30 Maret mendapati 1.425 tweet perbincangan mengenai mahasiswa harus punya NPWP sebelum wisuda.

Selain memberi NPWP pada mahasiswa sebelum wisuda, Nasir juga berencana untuk memasukkan mata kuliah perpajakan dalam perkuliahan. Terkait hal tersebut, Nasir pun sedang melakukan kerjasama dengan dengan Kementerian Keuangan.

Rencana Nasir ini pun menimbulkan ragam komentar pengguna twitter. “Serius apa mahasiswa bakalan disuruh punya npwp? Hell no. Sebagian besar dr mahasiswa aja belom berpenghasilan smh” tweet akun @feedmingyu yang mempertanyakan rencana Menristek Dikti tersebut.

“Mahasiswa thn dpn wajib memiliki npwp ‘?’ Kuliah saja dibiayai orangtua, masa mau nambah beban ortu indonesia lg? @jokowi” kicau akun @hananurbaiti.

Selain mempertanyakan rencana M. Nasir, ada juga pengguna twitter yang bercanda tentang kewajiban mahasiswa untuk mempunyai NPWP. “Pemerintah wajibkan mahasiswa punya NPWP ? ya asal pembuatanya tidak ada tambahan surat rekom dari bu kantin soal ada utang apa gak hehehe” candaan akun @framadiGS.

“Sudah Pak, jangan tambah lagi beban mahasiswa dg NPWP. Beban mereka sdh cukup berat dg tugas, skripsi, sama gebetan” tweet @lelysr. Puncak perbincangan terjadi pada 28 Maret dengan jumlah 892 tweet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*