Mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana Meninggal, Netizen Kenang Prestasinya Atasi Inflasi

Mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana Meninggal Dunia – sumber foto: Istimewa

Mantan Menteri Keuangan era Orde Baru, Ali Wardhana meninggal dunia pada Senin, 14 September 2015 pukul 15.30 WIB di Rumah Sakit Medistra, Kuningan, Jakarta Selatan. Sebelum berpulang, pria 87 tahun tersebut sempat dirawat lebih kurang satu minggu di ruang ICCU RS Medistra karena gangguan kesehatan paru-paru.

Ali Wardhana lahir di Solo, 6 Mei 1928, merupakan Menteri Keuangan pada periode 1968 – 1983. Kemudian, pria lulusan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan menyelesaikan gelar master dan doktor di University of California Berkeley ini selanjutnya menjabat sebagai Menteri Koordinator Ekonomi, Industri dan Pengawasan Pembangunan periode 1983-1988.

Nama Ali Wadhana tercatat sebagai Menteri Keuangan yang berhasil mengelola perekonomian Indonesia dengan menurunkan inflasi dari 650 persen menjadi 10 persen dalam tiga tahun masa jabatannya sejak 1968 dengan membuat anggaran pemerintah yang berimbang.

Kiprah mantan Dekan FEUI periode 1967-1978 ini juga dikenal luas di dunia internasional, di mana pada September 1971 terpilih sebagai Ketua Board of Governors Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional untuk periode 1971-1972. Jenazah almarhum dimakamkan hari ini, Selasa 15 September 2015 di tempat pemakaman umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, bersebelahan dengan makam istrinya, Rendasih Ali Wardhana.

Bagaimana publik, khususnya netizen Indonesia atas meninggalnya mantan Menteri Keuangan Ali Wardhana? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 15 September 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 10.408 tweet yang membicarakan tentang kabar meninggalnya mantan Menteri Keungan era Orde Baru, Ali Wardhana.

Netizen menyatakan bela sungkawa atas berpulangnya Ali Wardhana yang dikenal luas sebagai menteri keuangan berprestasi. Netizen menyebut jenazah Ali Wardhana dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir Jakarta. Ini disebut netizen sebanyak 1.659 tweet.

Sementara itu, sebanyak 701 tweet fokus menyoroti prestasi Ali Wardhana yang berhasil mengatasi persoalan inflasi Indonesia dari masa Orde Lama ke Orde Baru dalam waktu relatif singkat, yaitu tiga tahun. Netizen memuji kerja keras dan pencapaian mantan dekat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tersebut.

Sedangkan sebanyak 236 tweet dicuitkan netizen yang mengucapkan selamat jalan kepada almarhum Ali Wardhana dan mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya kepada bangsa Indonesia selama ini.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend