Masuki Hari Ke-8 Pasung Kaki Petani Kendeng, KLHK Percepat Kajian

Aksi Ngecor Kaki Petani Kendeng di Depan Istana Negara Kembali Curi Perhatian Netizen

Foto: Istimewa

Aksi pasung semen yang dilakukan oleh petani Kendeng, Rembang Jawa Tengah memasuki hari ke-8. Di tengah aksi tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya meminta tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) pabrik semen di pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah untuk mempercepat pelaksanaan kajian. KLHS sendiri diperkirakan baru akan selesai pada April ini.

Siti juga menjelaskan, dirinya telah meminta Menteri ESDM untuk mengecek wilayah cadangan air atau aliran air bawah tanah di Pegunungan Kendeng yang selama ini menjadi masalah. Siti menyampaikan, di dalam aturannya, tim pengkaji harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Apabila dalam hasil kajian maupun penelitian KLHS nanti terbukti terdapat aliran air bawah tanah, maka pemerintah harus mengambil sejumlah langkah lain terkait izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia. Namun, jika hasil kajian menunjukan tak ada aliran air bawah tanah, maka wilayah tersebut tak bermasalah untuk dijadikan sebagai lokasi penambangan.

Sementara itu, aksi pasung semen petani Kendeng pada Senin (20/3)  bertambah menjadi 60 orang setelah sepuluh perempuan relawan yang menjadi pendamping para petani Kendeng memutuskan untuk ikut mengecor kaki dengan semen.

Aksi petani Kendeng saat ini mengundang solidaritas dari beberapa aktivis di daerah lain, seperti Bandung dan juga Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend