Minim Sopan Santun, Menaker Bentak TKA Tiongkok Saat Sidak Di Bogor

menaker-sidak-TKA

(Sumber foto: akun twitter @MFNurhudaY/Ekonomi – @baqie7)

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri melakukan inspeksi mendadak (sidak) Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT Hua Xing Industri yang bergerak di bidang peleburan baja, jalan Narogong Km 20, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Rabu (28/12).

Hasilnya ditemukan 18 TKA dari total 38 TKA asal Tiongkok terindikasi melakukan pelanggaran izin dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan oleh pengawas ketenagakerjaan, imigrasi dan kepolisian setempat.

“Kita temukan ada 38 TKA yang bekerja di sini, 18 TKA terindikasi melakukan pelanggaran izin. Kita berkoordinasi dengan berbagai pihak, salah satunya Kepala Kantor Kelas II Imigrasi Bekasi, Sutrisno untuk menindaklanjuti pemeriksaan TKA, mana yang tidak memiliki izin dan memiliki indikasi pelanggaran,” ungkap Menaker Hanif seusai melakukan sidak di Cileungsi, Bogor Rabu (28/12) sore. Seperti dikutip dari beritasatu.com.

Pelangaran izin dimaksud adalah izin bekerja tidak sesuai dengan jabatannya misalnya teknisi listrik tapi menjadi marketing. Ditemukan juga pelanggaran lokasi kerja, misalnya izinnya di Tangerang ternyata bekerja di Bogor.  “TKA ilegal itu adalah kasus. Kalau tidak sesuai aturan ya langsung ditindak, bisa di deportasi. Pemerintah tidak pernah membiarkan TKA ilegal masuk secara bebas di negara Indonesia ini. Kita selalu pro-aktif dalam pengawasan dan responsif terhadap laporan dari masyarakat,” ujar Hanif.

Sementara itu, sebuah rekaman video diketahui beredar lewat tagar #MenakerSidakTKA pada linimasa Twitter. Hanif dalam rekaman video tersebut sempat membentak TKA Tiongkok karena bertindak kurang kooperatif. Alih alih mendengarkan imbauan Menaker, mereka malah asik menelpon atau bicara dengan rekannya. “Sit down please,” bentak Hanif dalam nada tinggi.

“Mereka yang terindikasi melakukan pelangaran izin kerja, dibawa ke tahanan Imigrasi untuk diperiksa oleh pengawas Ketenagakerjaan dan Imigrasi,” tegas Menteri Hanif sebelum meninggalkan lokasi pabrik.

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati  netizen berkomentar pada linimasa twitter terkait Menaker bentak TKA Tiongkok saat sidak di Bogor. “Salut Pak Menaker. HRD / Mngt PTnya perlu di tegur nih ttg etika sopan santun Indonesia.”, tulis netizen dengan akun @intania_sh dukung sikap tegas Menaker terkait menegakkan budaya sopan santun ala Indonesia pada TKA.

Hal senada juga disampaikan netizen dengan akun @ujomejo. “galak juga. Klo ternyata ada ijin tengsin jg menaker. Tp kayaknya TKA ilegal tuh. Sikatt”, netizen ini bermaksud sikap tegas Menaker sangatlah tepat.

Selanjutnya seorang netizen terlihat tak habis fikir dengan etika dan tatakrama para TKA tersebut. “buset dah tuh wna songong amat ada mentri malah pd sibuk maen hp”, tulis akun @supri0857.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*