Minta Anies Baswedan Terima Pencabutan Moratorium Reklamasi, Luhut Malah Dikritik Netizen

Minta Anies Baswedan Terima Pencabutan Moratorium Reklamasi, Luhut Malah Dikritik Netizen

Sumber foto: liputan6 / elshinta

Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan mengakui telah mencabut penghentian sementara (moratorium) pembangunan tujuh belas pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Untuk itu, Luhut meminta agar semua pihak dapat menerima keputusan tersebut.

Nggak ada (komentar), sudah saya teken kemarin. Ya udah itulah (reklamasi tetap dilanjutkan),” kata Luhut seperti dikutip dari Republika, Jumat (6/10).

Lebih lanjut, pihak Pemprov DKI Jakarta juga diminta Luhut untuk menerima hal tersebut. Pencabutan moratorium sendiri sudah melalui kajian. Bukan hanya ahli dari ITB, kajian itu, juga dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beserta semua kementerian terkait.

“Haruslah. Kalau dia (Anies Baswedan, gubernur DKI Jakarta terpilih) tidak mau, kan banyak yang mau,” kata Luhut.

Luhut yang meminta Anies untuk menerima keputusan moratorium pembangunan tujuh belas pulau reklamasi di Teluk Jakarta memancing reaksi pengguna media sosial twitter. Pengguna twitter malah mengkritik sikap Luhut itu.

“ada apa gerangan dr dlu LBP kok ngotot banget loloskan mslh reklamasi..?! uda kek lawyernya pengembang..?!” kicau pengguna twitter dengan akun @AriestaJoe.

Berbeda dengan akun @alsyarief78 yang berdoa agar Anies tetap menepati janji kampanyenya, yakni menolak reklamasi Teluk Jakarta. “muda2han Anies tetap konsisten menjabut izin reklamasi mengingat yg dihadapi pihah2 yg sangat berpengaruh semoga saja.”

Ada juga pengguna twitter yang menyebut bahwa permintaan Luhut ini merupakan ujian awal pemerintahan Anies- Sandi. “Ujian berat buat AniesSandi. Kekuasaan menelikungnya dari semua sisi. Kita doakan moga Allah melimpahkan kekuatan. Kita suarakan dukungan.” tulis akun @bandabening.

Disisi lain, tim sinkronisasi Anies- Sandi mengatakan bahwa mereka tetap teguh pada janji kampanye yakni menolak reklamasi.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati telah menerima surat pemberitahuan pencabutan penghentian sementara (moratorium) reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta. Pencabutan moratorium itu ditandatangani Menteri Koordinator Kemaritiman Luhit Binsar Pandjaitan pada Kamis (5/10) malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend