Netizen Minta Pemerintah Patuh Hukum Paska Pembatalan Reklamasi

proyek

Foto: Istimewa

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kalah kembali dalam sidang gugatan izin reklamasi di Pengadilan Tata Usaha Negara, Jakarta. Setelah sebelumnya hakim PTUN membatalkan izin untuk Pulau K dan Pulau F, kali ini hakim juga membatalkan izin untuk Pulau I.

Ketua Majelis Hakim Adi Budi Sulistyo di PTUN, Jakarta Timur, Kamis (16/4) malam “”Menyatakan pembatalan keputusan gubernur DKI nomor 2269 tahun 2016 tentang izin pelaksanaan reklamasi Pulau I”.

Seperti diketahui, Izin reklamasi Pulau I diberikan pada PT Jaladri Kartika Ekapaksi.  Dalam putusannya, hakim menyatakan menolak nota pembelaan atau eksepsi PT Jaladri.

Sama halnya terhadap putusan atas Pulau K dan F, majelis mempertimbangkan substansi perkara pokok dalam sengketa Pulau I ini yakni dampak buruk dari proyek reklamasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pengembang dinilai tidak memperhatikan ekosistem laut.

Menurut hakim, pengembang tidak menyertakan masyarakat setempat dalam kajian analisis dampak lingkungan (Amdal) yang diatur dalam Pasal 30 Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengatur partisipasi dalam kebijakan lingkungan.

Kemenangan ini disambut baik oleh netizen tanah air yang selama ini berseberangan dalam hal pelaksanaan reklamasi. Selain mengungkapkan kegembiraan, sejumlah netizen berharap pemerintah patuh dalam melaksanakan hukum.

Akun LBH Jakarta juga menyampaikan kicauannya terkait hasil ini. LBH menyebutkan memenangkan seluruh gugatan berarti kemenangan nelayan.

Paska putusan, Hakim memerintahkan agar tergugat menangguhkan pelaksanaan keputusan Gubernur DKI Jakarta tersebut sampai berkekuatan hukum tetap. “Memerintahkan tergugat untuk menunda pelaksanaan keputusan Gubernur Daerah Provinsi Ibu Kota DKI Jakarta Nomor 2.269 Tahun 2015 kepada PT Jaladri Kartika Ekapaksi sampai putusan ini berkekuatan hukum tetap,” ujar Hakim Adhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend