Netizen Protes Dana Haji Untuk Pembangunan Infrastruktur

Jamaah Haji Indonesia Berangkat Menuju Tanah Suci

Foto: Istimewa

Rencana pemerintah untuk menggunakan dana haji membangun infrastruktur mendapat banyak tentangan keras netizen Indonesia. Sebagian besar menyatakan tidak setuju atas rencana Presiden Joko Widodo dan jajarannya. Netizen menyebut bahwa dana haji bukan uang milik negara.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo memberikan instruksi untuk menginvestasikan dana haji. Intruksi itu disampaikan Jokowi saat melantik Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan HajiAnggito Abimanyu, di Istana Negara, Jakarta,Rabu, (26/7).

Penolakan juga muncul dari beberapa anggota DPR RI. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Iskan Qolba Lubis menyatakan ketidaksetujuannya. Menurutnya penggunaan dana haji untuk infrastruktur itu menyalahi tujuan penggunaan dana haji itu sendiri. Dia mengatakan, dana haji diperuntukkan tidak lain untuk kepentingan jamaah haji.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak. Melalui akun twitternya, Dahnil menyebutkan bahwa dana haji adalah milik umat dan bersifat sangat terbatas peruntukannya.

Wakil Ketua Komisi Hukum MUI Ikhsan Abdullah mengatakan, dana haji merupakan uang milik umat yang disimpan di Bank pemerintah yang telah ditunjuk Kementrian Agama dengan ijab dana setoran haji. Maka, jika dipergunakan untuk keperluan di luar Urusan Penyelenggaraan Haji, tegas dia, hal itu menjadi tidak halal alias kebijakan yang melanggar hak umat yang mengamanahkan dana haji tersebut lewat bank.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend