Pemerintah Kembali Cabut Subsidi Listrik, Netizen Berkeluh Kesah di Twitter

Kicauan Selamat Hari Listrik Nasional Bertebaran di Twitter

Sumber Foto : Istimewa

Terhitung sejak tanggal 1 Maret 2017, pelanggan listrik dengan daya 900VA yang termasuk dalam kategori Rumah Tangga Mampu (RTM) kembali terkena dampak pencabutan subsidi listrik dan kenaikan tarif.

Pencabutan subsidi ini merupakan kali yang kedua sesudah pada Januari 2017, para pelanggan mengalami pencabutan subsidi listrik tahap pertama. Hal ini juga akan terus dilakukan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) pada tanggal 1 Mei 2017 dan 1 Juli 2017 mendatang.

Tidak terima dengan kebijakan ini. pelanggan listrik golongan daya 900 Volt Ampere (VA) ramai-ramai mengajukan permohonan untuk kembali mendapat subsidi. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, sepanjang 1 hingga 24 Februari 2017 sudah ada 2.571 aduan dari pelanggan golongan 900 VA yang subsidinya dicabut.

Dimedia sosial twitter, keberatan terkait pencabutan subsidi dan naiknya tarif listrik juga ramai dikicauan netizen. Banyak yang merasa kalau kebijakan ini malah menyusahkan hidup mereka. Berikut keluh kesah netizen yang dapat kami rangkum untuk anda :

Meski demikian bila ada pelanggan yang keberatan terhadap kenaikan tersebut, bisa mengadu kepada pemerintah desa atau kelurahan setempat. Apabila memang dikategorikan tidak mampu, maka pencabutan subsidi akan dicabut.

Yang paling terkena dampak dari pencabutan subsidi listrik ini adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk juga penjual makanan dan minuman. Dengan adanya kenaikan listrik ini, dipastikan sebagian UMKM akan menaikkan harga jual produk mereka.

Akibatnya, daya beli masyarakat terhadap produksi makanan dan minuman juga akan menurun. Padahal, UMKM diharapkan menjadi pendorong ekonomi kerakyatan.

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend