Pengembang Tak Bisa Minta Ganti Rugi Jika Anies-Sandi Stop Reklamasi, Netizen: Ini Baru Pemimpin Rakyat

ganti rugi

(Sumber foto: posmetro.info/tajuk-indonesia.com)

Pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI terpilih Anies Baswedan-Sandiaga Uno hampir pasti akan mengalihfungsikan lahan reklamasi yang terlanjur dibangun. Tim Sinkronisasi Anies-Sandi kini sedang membahas pemanfaatan dari alih fungsi lahan tersebut.

Anggota Tim Sinkronisasi Marco Kusumawijaya mengatakan, berbagai kemungkinan kini sedang dikaji dalam tim yang diketuai Sudirman Said itu. Usulan alih fungsi itu mulai dari pemukiman nelayan, pelabuhan, hutan kota hingga pantai terbuka masuk dalam pembahasan.

Namun, menurut ahli tata kota ini, satu hal yang juga menjadi perhatian tim adalah terkait potensi gugatan dari pengembang reklamasi yang telah berinvestasi. “Itu salah satu yang harus kami pikirkan tentu saja,” kata dia di Jakarta, Rabu (17/5).

Kendati demikian, Marco yakin pengembang akan berpikir ulang jika melakukan gugatan. Dia menilai pengembang tak berhak menggugat atau bahkan meminta ganti rugi. Sebab, kata dia, reklamasi Teluk Jakarta yang telah dilakukan beberapa pengembang dianggap menyalahi aturan. “Seperti misalnya kamu membawa narkoba lalu hilang di jalan, kamu lapor polisi nggak? Kalau kamu lapor polisi malah kamu ditangkap,” kata Marco.

“Syarat-syarat hukum tidak dipenuhi, jelas-jelas pembangunan tanpa IMB (izin mendirikan bangunan), pulau (reklamasi) tanpa perda zonasi, itu melanggar hukum. Jadi kalau mereka menuntut ya akan kalah, menurut saya,” imbuhnya.

Tim Sinkronisasi akan memanfaatkan lahan reklamasi yang terlanjur dibangun. Marco memastikan, pemanfaatan itu akan tetap dalam koridor kelestarian lingkungan, koridor hukum dan kepentingan umum. Tim saat ini masih mengkaji berbagai kemungkinan pemanfaatan tersebut dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Sejak awal, Anies-Sandi memang memiliki komitmen untuk menghentikan reklamasi, yang sekaligus merupakan salah satu janji kampanye pasangan tersebut, simak video oleh Anies Baswedan, berikut:

Anies Sandi Tolak Reklamasi

Bagaimana bicara membangun manusia tapi membiarkan reklamasi jalan terus, yang menguntungkan golongan tertentu dan merugikan begitu banyak rakyat Jakarta?Karena itu sejak awal kami tegas menolak reklamasi Teluk Jakarta!

Posted by Anies Baswedan on Thursday, January 12, 2017

Berikut Pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen terkait pengembang tak bisa minta ganti rugi jika Anies-Sandi stop reklamasi. “mantap ini baru pemimpin rakyat mngtamakan kpentgan rakyat”, disampaikan netizen bernama Andrizal Ali Venus beri dukungan langkah Anies-Sandi. Serupa dengan netizen bernama Odid Fatah, sebut Anies-Sandi pemimpin yang tegas. “nah ini baru pemimpin tegas”.

Selain itu, para netizen lain melontarkan saran dan pendapatnya. “bantu rakyat,.. jangan konglomerat”, tulis netizen bernama Awis To Awis. Sedang netizen bernama Ridho Ansari, nampak berikan saran, “Dri pada mengganti bagus uangnya d kasi untuk modal rakyat kcil jadikan pasar trapung yg bersih dan tratur agar rakyat kcil tertolong”. Hingga Mas Dion turut menyarankan rakyat untuk mengawal langkah Anies-Sandi tersebut, “Yang begini biasanya akan dimusuhi dan dicari cari kesalaannya….terus kawal dan dampingi pemimpin pro rakyat. Jangan biarkan mereka berjuang sendirian”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend