Pertarungan Pasar Smartphone, Siapa Pemenangnya?

Dengan pertumbuhan ekonomi yang cenderung relatif stabil serta meningkatkanya jumlah kelas menengah baru, Indonesia memang menjadi pangsa pasar yang menarik bagi indusri smartphone. Tingginya penetrasi internet baik melalui perangkat komputer dan perangkat bergerak mendorong produsen smartphone beramai-ramai masuk ke Indonesia. Pertumbuhan pengguna media sosial dan pembaca media online juga menjadi salah satu faktor tingginya penetrasi smartphone.

Pantauan yang dilakukan oleh eveline melalui media sosial twitter medio 1 September 2-14 – 31 Desember 2014 menunjukkan bahwa pertarungan pangsa smartphone sangat didominasi oleh tiga produsen besar seperti Apple, Samsung dan Blackberry. Pada periode tersebut, terdapat 254.548 tweet membicarakan ketiga produsen smartphone tersebut. Beralihnya pengguna Blackberry pada smartphone berbasis Android seperti Samsung sangat jelas terlihat dari pembicaraan di media sosial twitter dimana jumlah pembicaraan mencapai 181.226 tweet. Pembicaraan terbanyak kedua dipegang oleh Iphone dengan 50.124 tweet dan disusul oleh Blackberry dengan 23.198 tweet.

Perbandingan Jumlah Pembicaraan Smartphone di Twitter

Perbandingan Jumlah Pembicaraan Smartphone di Twitter

Dari pembicaraan sebanyak 254.548 tweet, Iphone merupakan smartphone yang paling banyak disukai oleh pengguna smarthpone walaupun sebagian besar juga menyebutkan Iphone sangat mahal. Pengguna smartphone juga menyebutkan bahwa fitur-fitur pada Samsung merupakan alasan mengapa mereka menyukai perangkat besutan Korea ini. Banyaknya program diskon juga menjadi penyebab mengapa pengguna juga menyukai smartphone Samsung.

Pada medio pemantauan September – Desember 2014 terlihat bahwa, deretan produk Galaxy yang dikeluarkan oleh Samsung menjadi primadona pengguna. Sementara seri Z yang dikeluarkan oleh Blackberry menjadi produk primadona terbanyak dibicarakan oleh penggunanya.

Loading...

One thought on “Pertarungan Pasar Smartphone, Siapa Pemenangnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend