PLN Mulai Pulihkan Listrik Daerah Terdampak Bencana Siklon Cempaka

Nias

Foto: Ilustrasi

PT PLN Distribusi Jateng dan Yogyakarta mengerahkan sedikitnya 799 petugas untuk memulihkan kerusakan infrastruktur kelistrikan yang terdampak badai siklon tropis Cempaka, di wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Ke-799 petugas yang diturunkan ke wilayah terdampak bencana ini melibatkan gabungan tim Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB)Area Magelang, Pekalongan, Demak, Semarang dan Area Purwokerto serta unsur mitra kerja PLN.

“Guna mendorong percepatan pemulihan infrastruktur kelistrikan ini juga mengerahkan alat kerja berupa 31 unit crane,” ungkap General Manager PLN Distribusi Jateng dan DI Yogyakarta, Agung Nugraha, Minggu (3/12) seperti dilansir dari Republika.co.id.

Ia menjelaskan, PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melakukan respons cepat guna mengatasi dampak Badai Siklon Tropis Asia, sejak Kamis (30/11). Sebab wilayah kerja PLN Distrubusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebagian besar terdampak bencana hidrometerologi.

Seperti bencana banjir, longsor dan pohon tumbang yang mengakibatkan sekitar 279 ribu pelanggan dari 10 juta pelanggan yang ada di wilayah kerja ini mengalami gangguan padamnya aliran listrik.

Khusus untuk area kerja Yogyakarta, upaya pemulihan dilakukan terhadap 60 titik jaringan dengan 10 ribu pelanggan yang tersebar di Kabupaten Wates, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Secara bertahap PLN telah melakukan normalisasi kepada 9.700 pelanggan (97 persen) yang telah normal kembali.

PLN terus mengupayakan seluruh pelanggan yang mengalami padam tersebut bisa tuntas pada Sabtu kemarin. Kecuali, untuk pelanggan yang berada di Kecamatan Temon, Hargorejo, Crangak belum bisa diperbaiki karena aksesnya terputus akibat longsor. “Jumlahnya ada sekitar 125 pelanggan dan PLN harus bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk membantu membersihkan material longsor,” lanjutnya.

Sedangkan untuk area Surakarta yang terdampak 18 ribu lebih pelanggan dan pemulihan yang dilakukan sudah mencapai 55 persen lebih. Khusus untuk Wilayah Kerja Area Surakarta di Wonogiri, tim PLN belum bisa memasuki seluruh lokasi yang ada karena masih tertutup longsor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend